Minggu, Januari 17, 2016

Nasihat

Percaya boleh, tidak percaya juga pilihan. Nasihat tidak melulu didapatkan dari ceramah, tidak harus juga dari petuah bijak para tetua. Tidak pula hanya melalui kajian, diskusi, membaca dan sejenisnya. Bahkan bisa jadi, nasihat yang demikian hanya selintas lewat, untuk kemudian menguap bersama rutinitas atau hilang ditelan lupa.

Nasihat itu ada dimana-mana. Sejauh mata memandang. Sedekat telinga mendengar. Sedalam hati merasa. Sebanyak kaki melangkah. Hanya butuh peka saja untuk menangkap sinyalnya. Ditambah hati yang selalu terbuka untuk menerimanya. Juga akal yang digunakan untuk memikirkannya.

Maka, semua orang yang dikenal adalah nasihat. Bukankah mereka punya segala kelebihan dan kekurangan yang patut dipelajari untuk memperkaya referensi hidup. Agar bisa sukses seperti mereka, agar tidak mengulangi kegagalan yang sama.

Segala peristiwa juga nasihat. Bencana menasihati untuk berhati-hati dan waspada, juga untuk saling menolong antar sesama. Kemenangan juga nasihat, karena menggambarkan betapa indah hasil kerja keras, sedangkan kekalahan mengajarkan apa itu perjuangan.

Pejabat yang korup juga nasihat. Betapa karenanya banyak rakyat yang sengsara. Banyak rakyat yang kecewa. Banyak sumpah serapah yang bertaburan. Maka dengan korupsi mereka sedang menasihati bagaimana tidak mulianya hidup sebagai koruptor.

Menunggu adalah nasihat. Karena dia mengajarkan bagaimana caranya bersabar, juga menyadarkan betapa tidak enaknya berada pada ketidakpastian, dan secara tidak langsung mengajak diri sendiri untuk tidak membuat orang lain menunggu.

Marah juga nasihat. Nasihat untuk tidak membuat orang lain marah. Karena marah itu tidak enak dan tidak nyaman. Tidak tenang dan tidak bahagia. Senyum juga nasihat. Nasihat tentang membuat orang lain ikut tersenyum dan mengajak orang lain berbahagia. Dan betapa enaknya membuat orang lain bahagia. Ujian termasuk nasihat. Dia sedang mengajari kita bagaimana caranya untuk menjadi kuat, juga menyadarkan bahwa tidak ada hidup tanpa ujian. Karena hidup itu sendiri adalah ujian.

Maka;
dengar, lihat, pikirkan, dan rasakan semua yang mengelilingi
bukankah betapa banyak dan bertaburan nasihat itu?

#diorama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar