Senin, September 17, 2012

Jangan Buruk Sangka Kepada Alloh



“Wa ‘asa antakrohu syaiaw wahuwa khoirullakum, wa ‘asa antuhibbu syaiaw wahuwa syarullakum, wallohu ya’lamu wa antum la ta’lamun.” QS. Al-Baqarah (2): 216
Boleh jadi engkau tidak menyukai sesuatu, padahal menurut Alloh baik bagimu. Dan boleh jadi engkau menyukai sesuatu, padahal buruk bagimu. Alloh Maha Tahu, sedang kita tidak tahu.


Alloh Maha Sayang kepada hamba-Nya. Alloh tidak pernah dzolim kepada hamba-hambaNya yang beriman. Alloh merancang yang baik menurut-Nya bukan merancang sesuai dengan selera kita, karena seringkali keinginan kita lebih dekat dengan nafsu.

Oleh karena itu, jika ada kejadian yang tidak cocok dengan keinginan kita, dengan harapan kita, jangan berburuk sangka. Terima dengan ridho, berbaik sangka kepada Alloh, percaya setiap takdir Alloh pasti baik bagi hamba-Nya yang beriman dan sempurnakanlah ikhtiar.

Jangan pernah kita berburuk sangka kepada Alloh. Kita ini adalah makhluk yang bodoh, Alloh Maha Tahu. Kita ini lemah, Alloh Maha Kuasa. Kita ini dzolim, dan Alloh Maha Penyayang. Maka nikmatilah episode apapun dengan ridho, berbaik sangka, dan sempurnakan ikhtiar.

Wallohu’alam bisshawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar