Minggu, 03 Juni 2012

Agar Al-Qur’an Menjadi Motivasi Hidup Anda :)


Motivasi sangat penting dalam hidup ini. Sebuah cita-cita besar, impian besar, maka diperlukan pula motivasi yang besar. Jika kita selalu mempunyai motivasi yang tinggi dalam mengarungi hidup, maka kita selalu memiliki semangat dalam hidup ini. Tidak ada berkeluh kesah, tidak ada rasa malas. Semangat saja dalam menghadapi hidup. Diberikan ujian menjadi kebaikan yaitu dengan bersabar, dan diberikan nikmat menjadi kebaikan pula dengan bersyukur.


Sahabat, Alloh Swt berfirman dalam Al-Qur’an surat Ar-Ra’du ayat ke-11, “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.” Ada sebuah kisah menarik tentang ayat ini. Ketika itu presiden korea sedang berkunjung ke Aceh, dan ia mengunjungi salah satu masjid disana, kemudian ia menemukan tafsir ayat ini. Singkat cerita, kemudian sang presiden pun kembali ke negerinya. Karena ia sangat tergugah dengan tafsir ayat ini, ia jadikan semboyan di negerinya, dan beberapa tahun kemudian negerinya menjadi lebih maju. Subhanalloh!

Bagaimana dengan kita sahabat? Apakah kita tergugah dengan salah satu firman Alloh tersebut? Apakah kita tergerak untuk mengamalkan ayat tersebut?

Sahabat, kita simak pula firman Alloh dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat ke-25, “Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang beriman dan berbuat kebajikan, bahwa untuk mereka (disediakan) surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Setiap kali mereka diberi rezeki buah-buahan dari surga, mereka berkata, “Inilah rezeki yang diberikan kepada kami dahulu.” Mereka telah diberi (buah-buahan) yang serupa. Dan di sana mereka (memperoleh) pasangan-pasangan yang suci. Mereka kekal di dalamnya.”

Dalam ayat ini, Alloh Swt memberikan kabar gembira kepada orang-orang yang beriman, bahwa kelak ketika di akhirat nanti Alloh akan janjikan surga. Subhanalloh!

Sahabat, Al-Qur’an diturunkan di dunia untuk dijadikan pedoman dalam hidup kita. Untuk dijadikan petunjuk dalam menjalani hidup. Perbanyaklah intensitas kita dengan Al-Qur’an, perbanyak tilawah, perbanyak menghafal, perbanyak mengkaji, Insya Alloh kita akan menemukan kebahagiaan disana. Sahabat Rosululloh Saw, Utsman bin Affan Ra. pernah berkata, “Jika hati kita bersih, maka kita tidak bisa kenyang dari kalam Allah. ” Subhanalloh!

Sahabat, kita simak kembali firman Alloh dalam surat At-Taubah ayat ke-111, “Sesungguhnya Allah membeli dari orang-orang mukmin , baik diri maupun harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang di jalan Allah; sehingga mereka membunuh atau terbunuh, (sebagai) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Al-Qur’an. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya selain Allah? Maka, bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan demikian itulah kemenangan yang agung.”

Sahabat, Al-Qur’an juga berisi tentang janji-janji Alloh terhadap orang-orang yang beriman. Di dalam ayat diatas dikatakan, “Dan siapakah yang lebih menepati janjinya selain Allah?” Sungguh, janji Allah sangat benar. Maka, apakah kita tidak tergugah dengan ayat ini?

Kita simak kembali firman Alloh dalam surat Al-Imron ayat ke-14 & 15, “Dijadikan terasa indah dalam pandangan manusia cinta terhadap apa yang diinginkan, berupa perempuan-perempuan, anak-anak, harta benda yang bertumpuk dalam bentuk emas dan perak, kuda pilihan, hewan ternak dan sawah lading. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan disisi Allah-lah tempat kembali yang baik. Katakanlah, “Maukah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu?” Bagi orang-orang yang bertakwa (tersedia) di sisi Tuhan mereka surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya, dan pasangan-pasangan yang suci, serta ridha Allah. Dan Allah Maha Melihat hamba-hambaNya.”

Sahabat, sungguh indah firman Allah di dalam Al-Qur’an. Maka, adakah orang yang ingin mempelajarinya?

Al-Qur’an juga berisi doa-doa yang selalu kita panjatkan, dalam surat Al-Baqarah ayat ke-201, “Dan di antara mereka ada yang berdoa, “Ya Tuhan Kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka.”

Sahabat, Rosululloh bersabda dalam haditsnya, orang yang selalu dekat dengan Al-Qur’an akan mendapatkan kedudukan di surga, “Akan dikatakan kepada shahibul Qur’an (pembaca Qur’an) pada hari kiamat: “Bacalah, naiklah (ke atas surga) dan bacalah dengan tartil sebagaimana kamu pernah membacanya di dunia. Sesungguhnya kedudukanmu (di surga) berada pada akhir ayat yang kamu baca.” (HR. Tirmidzi)

Sahabat, sungguh Al-Qur’an adalah sumber motivasi bagi seorang mukmin. Al-Qur’an adalah makanan bergizi bagi ruhiah kita. Al-Qur’an adalah obat bagi orang-orang yang beriman. Maka, jadikanlah hari-hari kita untuk selalu dekat dengan Al-Qur’an. Perbanyak tilawah, perbanyak menghafal, perbanyak muroja’ah, perbanyak mengkajinya, perbanyak mengamalkannya, dan kita berharap mudah-mudahan Alloh selalu memberikan istiqomah unruk selalu dekat dengan al-Qur’an.

Kita tutup tulisan ini dengan firman Alloh dalam Al-Qur’an surat al-Qomar ayat ke-17, “Dan sungguh, telah Kami mudahkan Al-Qur’an untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?”

Wallohu’alam bisshowab.

Sumber inspirasi, buku “Agar Al-Qur’an Menjadi Motivasi Hidup Anda” oleh Ustadz Hidayatullah, Lc, Al-Hafizh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar