Kamis, Juni 14, 2012

Diary JA part 1 :)

Jumat 8 Juni 2012

Sekitar jam 2 siang, aku baru mengepak barang ke dalam tas. Ya, hari ini aku akan berangkat JA. Tepatnya di Cidahu, Sukabumi. Tempat ini bukan asing bagiku, karena salah satu saudaraku dari ayah mempunyai keluarga disana. Kali ini kita akan berangkat kesana dengan keluarga baru. Keluarga yang dipertemukan dalam kegiatan kampus Jelajah Alam (JA) namanya.

Sebelum lebih jauh, izinkan aku ingin memperkenalkan anggota keluarga baruku ini, cowok ada: saya sendiri (wahyu ahmad kautsar), kemudian wildan, fardhan, wira, dan terakhir yang mengaku berasal dari jawa barat, marthen sibi. Kemudian yang cewek ada kiky (tukang jarkom), nuri, onny, nurul, abbel, volia, fanny, eka, khoirunnisa, dan ada laura (mahasiswa timor leste). Oke, lengkap kelompok ini. Ada yang tukang ribut, ada yang kerjanya selalu bikin tertawa orang (sibi), ada cewek yang maco (nurul+abbel), ada yang kerjanya suka komen muluu (volia), dan lain-lain. Berlanjuuut.. eh, kelupaan, ada juga ka Rifky yang selalu setia membimbing keluarga nuri muda, beliau sekarang tingkat 4 yang sedang mengerjakan skripsi..

Jarkom jam 4, tapi belum semua ngumpul, yah Indonesia, selalu ngareet, hiks. Sebenarnya acara dimulai jam setengah 5, agar bisa dateng ontime, tapi tetep aja ngareet T.T Akhirnya acara dimulai, JA dibuka langsung oleh Ketua STIS tercinta, Pak Adi Lumaksono, ditemani Ibu Dewinta. Setelah dibuka oleh pak adi, lalu pengecekan barang-barang, dan kemudian menunggu hingga semua peserta hadir dan bus tronton datang. Kami sendiri mengisi waktu kosong dengan menyampaikan harapan masing-masing dari kegiatan 3 hari ini, ada yang berharap agar diberi keselamatan, ada juga yang berharap agar kompak, ada juga yang berharap agar bisa tetep menjaga tali silaturahmi.

Sekitar jam setengah 8 malam, akhirnya kami berangkat. Kelompok 13 mendapat bagian dengan kelompok 14 di tronton bernomor 7. Dengan diingiri rintik-rintik hujan, kami berjalan dari kampus menuju bank BRI tempat dimana tronton parkir. Setelah semua barang dan peserta naik, akhirnya kami berangkat. Bismillah! Mudah2an diberikan keselamatan. Sepanjang perjalanan hadi –anggota kelompok 14- mengiringi perjalanan dengan lagu2. Aku sendiri ingin sekali mata ini segera tidur. Namun, kondisi perjalanan yang membuat aku tidak dapat tidur.

^_^

Perjalanan sampai sekitar jam 12malam. Ketika sampai ternyata kami tidak langsung menaruh barang dalam tenda, ternyata kami harus berjalan sekitar 2km menuju tempat perkemahan. Subhanalloh. Perjalanannya menanjak, ini adalah latihan untuk perjalanan besok yang lebih melelahkan. Semangat! Setelah sampai kami dibagi ke dalam tenda-tenda. Bagi yang cewek dibagi masing-masing perkelompok, sedangkan yang cowok acak. Mudah2an malem yang singkat ini, bisa memaksimalkan istirahat dengan baik, agar besok bisa fit kegiatannya.

Sabtu 9 Juni 2012

Pagi ini ku awali hari dengan bersujud padaMu ya Robb. Mudah-mudahan hari ini diberikan keberkahan. Bismillah! Setelah sholat subuh, kemudian acara dilanjutkan dengan senam pagi. Senam dipandu dengan anak-anak senam yang udah dilatih gerakannya. Ternyata, masih banyak lupa, but it’s okey. Setelah senam, kemudian kita makan-makan bareng, dan setelah itu packing buat kegiatan hari ini. Yuhu..

Setelah semua bersiap, akhirnya kami dikumpulkan dahulu sebelum berangkat. Masing-masing dari setiap kelompok diwajibkan untuk menampilkan jargon dan yel-yelnya masing-masing. Wah, ternyata kreativ-kreativ ya anak2 STIS. Banyak yang menggunakan lagu-lagu ngetop kemudian diganti liriknya. Ada juga yang meniru salah satu iklan. Dan lain-lain..

Setelah penampilan jargon dan yel-yel akhirnya pengumuman, ternyata nuri muda tidak masuk 3 besar dalam the best yel, akhirnya harus menebak pertanyaan. Setelah beberapa kali gagal menjawab, akhirnya kami menang, dan kami berangkat dengan urutan ke-8.

Seneeeng banget rasanya, akhirnya ga terakhir berangkatnya. Agar kami ketika pulang, bisa lebih mendapatkan waktu masaknya. Perjalanan dimulai.. di depan kelompok kami, ada kelompok 15. Kami secara tidak sadaar, mengikuti kelompok 15. Dan inilah awal dari sebuah perkaraaa..

^_^

Masih ingat saat itu ada papan tertulis, yang satu menunjuk ke kawah ratu, dan satu lagi menunjuk ke air terjun. Karena intruksinya ke air terjun, dengan mantap kami pilih jalan ini. Jalannya sangat sulit, banyak sekali rintangannya. Jalannya curam, banyak batu. Setelah perjalanan yang cukup lama, kemudian kami menemukan view yang indah, jembatan gantung yang terbuat dari kayu bambu. Kereeen. Jarang-jarang bisa menemukan barang langka seperti ini. Setelah istirahat sebentar di warung dekat jembatan gantung, kemudian kami meneruskan perjalanan. Aku jadi sangsi lama-lama dengan perjalananan kami, kenapa tidak ada rombongan yang mengikuti dibelakang kami. Kenapa tidak ada sama sekali panitia yang menjaga pos-pos penting. Tapi pikiran itu aku hapuskan karena aku yakin inilah jalan yang benar. Kami berjalan lama sekali. Perkiraan waktu berjalan dari pos 1 ke pos 2 hanya 45menit, tapi kami sudah berjalan sekitar 1jam, tapi belum sampai-sampai. Astaghfirulloh.. ada apa ini..

Kami terus berjalan sampai menemukan warung lagi, lalu kami bertanya disana, setelah itu kami berjalan dan akhirnya menemukan air terjun yang indah.. setelah itu kami langsung menampakkan muka ceria disana.. tidak lama setelah itu, kabar buruk pun datang.. ternyataa kami tersasar.. ya Alloh.. astaghfirulloh.. kesasar.. ko bisa ya? Aku pikir ka Rifki bukanlah orang yang pertama kali kesini, karena beliau sudah 2x menjadi panitia ko bisa salah menunjukkan jalan.. aarrgh..

Dengan pikiran yang ga karuan, akhirnya kami menyerah.. kami salah jalan.. dan salah satu jalan keluarnya yaitu kami harus mengulang dari awal.. yah T.T akhirnya kami segera berjalan menuju tempat semula.. rasanya waktu ini terbuang sia2, lalu fisik ini dipaksa untuk meneruskan perjalanan ini.. ya Alloh kuatkan kami..

^_^

Perjalanan dimulai, akhirnya kami sampai juga di dekat pos 1, pos yang kami lewati kira2 3jam yang lalu kami disini.. kami istirahatkan tubuh kami yang sudah lelah.. banyak yang sudah berpikir menyerah.. “kayaknya kita ga usah ke air terjun deh, kita langsung ke kawah ratu aja..” ajak wildan mengajak yang lain.. “jangaan kita ikutin aja petunjuk perjalanannya..” ucapku.

Setelah itu perjalanan dimulai.. walopun hati ini kesal karena salah jalan, walopun kaki ini lelah karena sudah berjalan lama, akhirnya kami berjalan.. sesekali marthin sibi mengeluarkan cerita2 lucunya, “ada 3orang dari Indonesia, yang satu dari pulau sumatera, pulau jawa, dan dari papua. Yang dari sumatera meminta kepada Tuhan, ya Tuhan aku ingin jadi kaya, akhirnya ia diberi kekayaan. Kemudian yang dari jawa, ya Tuhan aku ingin jadi Insinyur, akhirnya ia jadi Insinyur. Kemudian yang terakhir dari papua, ya Tuhan aku ingin jadi ganteng, kemudian Tuhan menjawab, ngaca dulu dooong.” Itulah cuplikan cerita-cerita ga jelas dari marthin yang membuat kami tersenyum. Asyik juga buat menghibur perjalanan kami yang panjang ini, hiks.

Ketika ingin sampai, banyak panitia yang mengeluhkan ke kak Rifki, “gimana lo ini ki ko ga bisa kesasar, emang ga pernah kesini apa??” sudahlah, yang terjadi, terjadilah, ga usah disesali T.T

Ketika diperjalanan, salah satu dari anggota ada yang sakit, abbel namanya, terlihat sekali mukanya kelelahan karena banyak berjalan, setelah ditanya, ia masih ingin berjalan, walopun kondisinya tidak memungkinkan.. aku sendiri hanya bisa berdoa dalam hati.. ya Alloh berikan keselamatan di perjalanan kami ini..

Konsekuensi kami akhirnya kami harus berjalan lebih lama dibandingkan kelompok lain.. disetiap pos kami harus mengurangi waktu istirahat, karena waktunya yang sudah mepet, ketika sudah sampai kawah ratu, akhirnya kami bisa melepas lelah agak lama, kami sempat mengabadikan foto2 kami di depan kawah ratu yang indah ini..