Selasa, September 25, 2012

Diary Panitia (Seksi Acara) Magradika 54 :)


Ya Alloh.. jadikan di segala aktivitas kami menjadi amal ibadah kepada-Mu ya Alloh, jadikan di setiap aktivitas kami sebagai pahala yang dapat menyelamatkan kami dari siksa api neraka..


Sedikit Teori

Panitia adalah sekumpulan orang-orang yang mempunyai satu tujuan yang sama, satu visi yang sama yaitu menyelenggarakan suatu kegiatan. Panitia fungsinya sangat penting, karena suatu kegiatan memelukan tim yang solid untuk menciptakan acara yang berhasil.

Open Recrutmen

Kira-kira sebulan sebelum UAS (Ujian Akhir Semester) ada poster terpampang di mading STIS dengan tulisan “Open Recrutment Panitia Magradika 54” formulir maksimal dikumpulkan besok, sedangkan pengumuman baru hari ini. Wow banget. Akhirnya kami ramai-ramai mendaftar. Banyak sekali yang mendaftar, terutama tingkat satu, sangat antusias mendaftar menjadi panitia magradika. Apakah ini sebagai balas dendam atau benar-benar dari hati? Hhe.. kita doakan mudah-mudahan niatnya baik, untuk menyambut angkatan 54, agar bisa lebih baik dari angkatan-angkatan sebelumnya, aamiin. ^^

Pengumuman

Aku mendaftar dengan pilihan yang pertama menjadi seksi acara, dan kedua menjadi seksi kestari. Nekat ya. Karena seksi ini adalah seksi yang paling banyak diminati. It’s okey, it’s competition. Proses wawancara pun dimulai, aku sendiri diwawancarai oleh ketua Sema yaitu ka agus sutopo. Setelah beberapa pertanyaan, kemudian karena aku berminat mendaftar menjadi seksi acara, saat itu juga aku disuruh buat lagu angkatan 54. “The power of kepepet” walau agak jelek nadanya, ya dapet juga lagu angkatannya.. terinspirasi dari lirik lagu one heart yang dipakai oleh iklan Honda.. jadi deh.. hhe.. akhirnya, setelah proses wawancara, esok hari kemudian pengumuman, dan akhirnya aku diterima menjadi seksi acara.. antara senang, dan bingung.. senang karena bisa ikut kontribusi di kegiatan magradika 54 ini, dan bingung gimana ya nanti belajarnya? Karena kita tahu sendiri seksi acara itu adalah seksi yang sangat sibuk, tiap hari rapat, pulang malem, sedangkan tugas banyak, dan sebentar lagi akan UAS.. wawawawa..

Perjalanan dimulai

H+1 setelah pengumuman, semua panitia yang tergabung dalam kepanitiaan magradika 54 dikumpulkan. Akhirnya kami mendapatkan teman-teman baru disini, alhmdulillah. Jumlah panitia magradika ada sekitar 80orang. Terdiri dari masing-masing seksi, sc+bph, acara, kestari, tibum, perkap, pp, hpdd, dan konsumsi. Semua ada perannya masing-masing. Tidak ada yang saling menjatuhkan antar seksi, karena suatu kegiatan adalah kerja tim, maka kita harus saling menguatkan antar seksi.

Seksi acara sendiri terdiri dari 10orang, yang terdiri dari 6orang cewek, dan 4orang cowok. Anggotanya terdiri dari, yang cowok: aku (wahyu a.kautsar), febri, usep nugraha, dan terakhir ezi. Yang cewek: khairiyah (ka riri), aisyah (ka ai), ka mimi, fina, lia, dan ka mut.

Setelah kami dikumpulkan, akhirnya kami resmi menjadi panitia magradika, dan siap menerima konsekuensi dari kegiatan magradika ini. Konsekuensinya adalah harus menaati peraturan sebagai panitia magradika, harus bersedia diatur oleh coordinator masing-masing seksi. No probem. Selama aturannya tidak ada yang menyimpang. Kita menaatinya, insya Allah.

Hari selanjutnya, rapat acara magradika sudah dimulai. Tempat yang paling sering dipakai adalah konterakan assausan, tempatnya di gg.assa’abun. Di tempat inilah kami sangat sering rapat. Kira-kira kami mengadakan rapat sebelum UAS sampai 13 kali. Subhanalloh. Setelah UAS, lalu kemudian break sejenak karena agenda libur lebaran. Setelah lebaran, akhirnya kami kembali untuk mengadakan rapat untuk memfixkan rundown, dan kegiatannya. Ada yang berubah disini, karena sebelumnya ketua dari pendamping dosen pak sugiarto, lalu diubah menjadi pak bambang nur cahyo (pak bnc) akhirnya kordinator dari seksi acara harus menjelaskan lagi konsep magradika yang diusung. Namun, tidak banyak yang berubah, karena konsepnya disamakan dengan tahun lalu, namun tidak ada hukuman fisik buat magradika tahun ini. Dari kampus, tidak ingin lagi terulang hukuman fisik, seperti  hukuman setengah duduk, push-up, kampus inginkan magradika harus menjadi kegiatan yang menyenangkan dan mengasyikkan.

Hari H dimulai

Akhirnya waktu yang ditunggu dimulai. Semua maba-miba datang untuk daftar ulang, setelah daftar ulang, kemudian kuliah perdana, dan saat hari itu juga, tepatnya 8september pra-magradika sudah dimulai. Hari pertama yang menjadi korlap dari seksi acara yaitu usep nugraha dari tingkat 3. Akhirnya hari pertama berjalan lancar, Alhamdulillah. Setelah itu, hari kedua pra-magradika. Aku yang menjadi korlap. Saat berhadapan di depan untuk memandu acara, awalnya ada perasaan gugup, namun semua dihilangkan jauh-jauh. Bismillah. Ya Alloh berikanlah kemudahan.. Alhamdulillah, pra magradika berjalan setengah hari sampai jam 12, kumpul PK, kemudian pembacaan tugas, dll.

Esoknya, tepatnya hari senin tanggal 10september 2012, kegiatan magradika dimulai. Panitia magradika sendiri harus berkumpul jam 5.20. apabila telat maka akan dikenai hukuman satu menitnya harus melakukan satu seri push-up. Subhanalloh. Karena hukuman itu, akhirnya semua dateng on time, mungkin harus ada hukuman untuk membuat kita disiplin. Itulah pelajarannya. Hari magradika adalah hari yang sangat melelahkan, bukan hanya peserta magradika yang capek, kemudian menulis curhat di buku diarynya, ka magradika capek bangeet ka. Kalau mau dibandingkan antara panitia dan peserta, panitia lebih capek. Karena ia harus lebih datang pagi, setelah peserta pulang, kami panitia harus melakukan briefing untuk evaluasi, setelah itu berkordinasi dari seksinya masing-masing. Panitia seksi acara sendiri harus pulang sampai jam setengah 12malam untuk membahas rundown yang akan dilakukan besok. Mudah-mudahan kerja keras panitia tidak ada yang sia-sia.

Magradika hari pertama, hari kedua, dan hari keempat, berada di kampus. Sedangkan hari ketiga berada di BPS. Setelah itu maba-miba, pada berangkat Outbond di Gunung Bunder Bogor secara bergantian. Dibagi menjadi 2kelompok besar. Yaitu, kelompok ganjil dan kelompok genap. Kelompok genap adalah peserta OB gelombang 1, dan kelompok ganjil peserta OB gelombang 2. Selama pergantian itu, ada pasca magradika yang dilaksanakan 2hari. Pasca yang pertama setengah dari peserta, yaitu melakukan tur STIS. Dan terakhir ditutup pada pasca magradika hari kedua. Alhamdulillah, semua berjalan lancar. Namun masih banyak kekurangan disana-sini. Mudah-mudahan bisa lebih baik lagi di kegiatan-kegiatan selanjutnya.

Aku berharap, mudah-mudahan kegiatan magradika ini menjadi jalan untuk lebih mengenal kampus STIS, untuk lebih mencintai STIS. Yang hatinya belum mantap, yuk mantapkan hati untuk kuliah di kampus ini. Karena begitu banyak peminatnya sayang kalau masih setengah hati. Bulatkan hati, “Ya Alloh aku akan berjuang meraih prestasi di kampus ini, bismillah!” kuatkan azzam, dan bulatkan tekad, insya Alloh diberikan kemudahan.

Kepada para kakak panitia, mudah-mudahan Alloh membalas kalian dengan pahala yang berlipat ganda, mudah-mudahan kerja keras kita dibayar oleh Alloh dengan dikumpulkan di dalam surga-Nya kelak, aamiin ya Robbal alamin.

Magradika 54: Solid, semangat, ikhlas berjuang, huha!!

Wahyu ahmad kautsar, seksi acara magradika 54 ^^


5 komentar:

  1. Amiin ya Allah..,
    Semangat Kakak!

    n Semoga perjuangan kita semua membuahkan hasil yang baik..

    BalasHapus
  2. kakak minta doanya ya, mudah2an bisa diberikan istiqomah di jalan kebaikan, aamiin.

    BalasHapus
  3. ampuun deh. lihat fotonya.. haha..

    BalasHapus
  4. makasih ya kak udah nyelenggarain Magradika 54 ini buat kita..

    BalasHapus
  5. Blogwalking kak

    Saya angkatan 54 :D
    Kreatif, inovatif, terdepan :D


    Salam : MysteRio

    BalasHapus