Sabtu, September 15, 2012

Lihatlah Ke Bawah..


“Lihatlah kepada orang yang berada di bawahmu dan jangan melihat orang yang berada di atasmu, karena yang demikian lebih patut, agar kalian tidak meremehkan nikmat Alloh yang telah diberikan kepadamu.” (HR. Bukhari)


Melalui hadits ini, Rosululloh Saw mengingatkan umatnya untuk tidak melihat kepada mereka yang kehidupannya berada pada tempat lebih tinggi dalam segi keduniawian. Tujuannya adalah supaya kita tetap mensyukuri nikmat yang telah Alloh berikan kepada kita.

Kita seringkali lupa untuk mengikuti perintah Rosululloh Saw ini. Kita seringkali melihat kepada orang-orang yang berada di atas kita. Padahal ini merupakan jebakan syitan yang bisa menjerumuskan kita ke dalam jurang kerugian.

Ketika kita tinggal di rumah kontrakan dan terpukau melihat mereka yang tinggal di rumah sendiri yang megah nan mewah, maka ingatlah selalu bahwa di luar sana masih banyak saudara-saudara kita yang hidup tidak lebih baik dari kita. yaitu, mereka yang tinggal di kolong-kolong jembatan dan di emperan pertokoan.

Atau, ketika kita melihat orang lain yang memiliki penghasilan lebih besar daripada kita kemudian timbul iri hati pada diri kita, maka ingatlah bahwa di luar sana masih begitu banyak orang-orang yang tidak memiliki pekerjaan.

Akan tetapi lain halnya apabila kita berbicara dalam urusan agama, ketaatan diri kepada Alloh Swt. Kita diajarkan untuk berlomba dalam hal kebaikan. Rosululloh Saw memerintahkan kita untuk melihat kepada orang yang berada di bawah kita dalam masalah dunia. Hal ini dimaksudkan agar kita menjadi orang-orang yang senantiasa bersyukur dan qana’ah. Yaitu, orang yang senantiasa merasa cukup dengan apa yang Alloh telah karuniakan kepada kita, tanpa perasaan iri dan dengki.

Mudah-mudahan Alloh menjadikan diri kita menjadi hamba yang selalu bersyukur, aamiin. Wallohu’alam bisshawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar