Kamis, Maret 08, 2012

Mari Kita Berhenti Sejenak


“Mati kita berhenti sejenak disini!” kata Ustadz Anis Matta dalam bukunya ‘Menikmati Demokrasi’“Kita memerlukan saat-saat itu; saat dimana kepenatan yang mengurangi ketajaman hati, saat dimana kita membebaskan diri dari rutinitas yang mengurangi kepekaan spiritual, saat dimana kita melepaskan sejenak beban dakwah selama ini kita pikul yang mungkin menguras kita.”


Kesibukan kuliah, praktikum, tugas kuliah sungguh menguras otak dan tenaga. Belum lagi agenda-agenda yang menumpuk, rapat organisasi, panitia ini, panitia itu. Ternyata, kewajiban kita lebih banyak dari waktu yang tersedia. Jika tidak ada tempat untuk refreshing atau tempat untuk berbagi, mungkin aktivitas itu akan membuat otak stress, dan akhirnya bisa terbengkalai.

Maka diperlukan tempat untuk kita berbagi, tempat untuk saling menasihati, agar iman kita terus terjaga, agar iman kita tidak lemah karena banyaknya agenda-agenda yang menguras tenaga. Ibnu Mas’ud RA berkata, “Duduklah bersama kami, biar kita beriman sejenak.”

“Majelis Iman kita butuhkan untuk mengisi ulang hati kita,” kata Ustadz Anis Matta. “dengan energi baru sekaligus membersihkan debu-debu yang melekat padanya. Yang ingin kita raih adalah memperbarui komitmen dan janji setia kita kepada Alloh swt, bahwa kita akan tetap teguh memegang janji itu; bahwa kita akan tetap setia memikul beban amanat dakwah ini; bahwa kita akan tetap tegar menghadapi seua tantangan; bahwa yang kita harap dari semua ini hanyalah ridhaNya.”

Hari-hari panjang yang kita lalui sungguh menguras seluruh energi jiwa yang kita miliki, maka majelis Iman adalah tempat kita berhenti sejenak untuk mengisi hati dengan energi yang tercipta dari kesadaran baru, semangat baru, tekad baru, harapan baru, dan keberanian baru.

Sempatkan waktu kita, mungkin hanya satu jam atau dua jam per pekan untuk datang di Majelis Iman ini. Untuk memperbarui iman kita, untuk terus memperbarui komitmen kita. Dan Majelis Iman itu biasa kita sebut: Halaqah.

Wallohu’alam bisshowab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar