Kamis, Maret 08, 2012

Ayoo.. Jangan Menyerah!! Semangat!!


Masalah tidak akan pernah luput dari kehidupan manusia. Mengapa? Karena pada hakikatnya hidup adalah perpindahan dari satu masalah ke masalah lain.
 
Namun ada yang begitu panik, goyah, dan stress. Akan tetapi ada pula yang menghadapinya secara mantap dan tenang. Hal ini berarti bahwa persoalan sebenarnya ternyata bukan terletak pada persoalannya, melainkan pada sikap kita terhadap permasalahan tersebut.

Dalam kenyataannya hidup bukannya semakin ringan, melainkan semakin berat. Sebagai contoh nyata, bagaimana beratnya ujian Rasulullah saw beserta para sahabatnya. Sedangkan kita tahu Rasulullah saw berserta para sahabatnya adalah generasi yang paling sholeh, takwa, bahkan dimuliakan oleh Alloh.

Alloh berfirman dalam Al-Qur’an surat Al-Insyiroh ayat 6-7: “Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka, apabila kamu selesai (dari suatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain.”

Sahabatku, sebenarnya masalah atau persoalan hidup kita itu adalah bagian dari karunia Alloh yang membuat hidup kita lebih menarik. Mengapa? Karena kesungguhan kita akan lebih terpompa dari banyaknya hal yang bisa kita perbuat. Dan biasanya jiwa kreatif seseorang akan keluar ketika dihadapkan masalah yang dipojokkan. Istilah yang sering kita dengar “The power of kepepet!”

Terus, apa yang harus kita lakukan jika sudah mengharapkan yang terbaik, ternyata yang datang adalah musibah? Pertama, hadapi musibah itu sebagai pembelajaran. Kedua, timbulkan harapan-harapan baru. Bisikkan pada diri kita kata-kata yang membuat semangat, “Ayo.. Jangan Menyerah!! Alloh bersama kita.. Alloh Maha Penolong!!” dengan begitu kita bisa termotivasi terus dengan pikiran yang positif.

Masalah dalam hidup kita, sebenarnya sebagai jalan kita untuk lebih dewasa menghadapi hidup. Karena dengan masalah kita bisa belajar untuk memperbaiki diri. Semangaat!

Kita simak firman Alloh dalam Al-Qur’an surat Muhammad ayat 7, bacalah dengan hatimu ^^ , “Wahai orang-orang yang berfirman!” kata Alloh, “Jika kamu menolong (agama) Alloh, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.

Ayo.. Jangan Menyerah!! Alloh bersama kita.. Alloh Maha Penolong!! Semangat!!

Wallohu’alam bisshowab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar