Minggu, Maret 11, 2012

Jangan Pelit!


Kita kadang tidak bisa menghargai uang pemberian dari orangtua, sehingga kadang kita boros menggunakannya, bahkan menggunakannya untuk hal yang sia-sia, astaghfirulloh..



Sahabat, ada banyak orang yang sulit dalam ekonominya, bahkan untuk mencukupi kesehariannya saja sangat sulit.. karena itu bagi yang diberikan rezki lebih oleh Alloh seharusnya peduli kepada saudaranya yang kekurangan..

Pesan dari Rasululloh Shallahu ‘Alaihi Salam dalam haditsnya yang diriwayatkan Imam Muslim, dari Sa’id Bin Abu Burda RA, dari bapaknya, dari kakeknya, dari Nabi SAW, sabdanya: “Setiap orang muslim wajib bersedekah.” Lalu ada orang yang bertanya: “Bagaimana kalau dia tidak sanggup?” jawab Nabi SAW: “Dia harus bekerja untuk dapat memberi manfaat kepada dirinya sendiri dan supaya dia dapat bersedekah.” Tanya: “Bagaimana kalau dia tidak sanggup?” jawab Nabi SAW: “menolong orang yang membutuhkan pertolongan.” Tanya: “Bagaimana kalau dia tidak sanggup juga?” jawab Nabi SAW: “menahan diri dari berbuat kejahatan itu pun adalah sedekah.”

Subhanalloh. Begitu Rasulloh Shallahu ‘Alaihi Salam sangat menganjurkan agar setiap umat muslim untuk bersedekah. Bahkan seandainya ia tak sanggup untuk bersedekah dalam hal harta maupun tenaga, menahan diri dari berbuat kejahatan itu pun bentuk sedekah.

Muda-mudahan kita dijadikan hamba Alloh yang rajin sedekah, dan dijauhkan dari sifat bakhil (pelit) dan semoga dengan sedekah juga menjadi jalan rezeki yang berkah buat kita, Insya Alloh.

Wallohu’alam bisshowab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar