Jumat, Desember 11, 2015

Pilihan Hidup

Ini adalah isi khutbah dari Ust. Muhsinin Fauzi

Pilihan. Setiap kita akan dihadapkan pilihan. Dan kita akan memilih. Ada 3 pilihan dalam hidup ini:

1. Visi hidup
Visi hidup akan membuat seseorang lebih bersemangat dalam menjalani hidup. Visi hidup menentukan arah masa depan hidup.

Saat ini banyak orang yang habis waktunya hanya mengejar karir. Mengejar dunia yg tiada habisnya. Waktunya habis mengejar dunia. Sehingga melupakan kewajiban yang lain, melupakan kewajiban dgn Alloh, mendidik anak, istri, untuk berada di jalan Islam.

Apakah kita akan menjual hidup kita untuk sesuatu yang fana? Hidup kita cuman sekali dan alangkah ruginya kita jika dihabiskan untuk hal yang sia-sia. apakah kita sanggup mempertanggung jawabkan perbuatan kita di hadapan Alloh?

Visi hidup orang-orang mulia adalah memperjuangkan agama Alloh. Meskipun banyak hambatan. Tidak akan menjadi populer. Tapi itulah orang-orang mulia. Ia hanya mencari keridhoan Alloh.

2. Jalan hidup
Jalan hidup akan menentukan arah kemana ia melangkah. Tujuan hidup sangat menentukan jalan hidup kita. Jika tujuan hidup kita mencari keridhoan Alloh, tentu jalan hidup yang kita pilih Al-Quran dan Hadits Rosul. Namun, jika tujuan hidup kita mencari dunia saja. Tidak menyadari akan ada hari setelah kematian, akan ada hari dimana semua perbuatan kita akan dipertanggungjawabkan.

3. Bersama siapa kita hidup
Manusia cenderung hidup berkelompok. Dan kita hidup sesuai prinsip yang dipegang masing-masing. Pertanyaan nya dengan siapa kita menghabiskan hidup?
Apakah dengan orang sholih? Apakah dengan orang-orang baik?

Kembali lagi dengan pilihan-pilihan yang kita pilih. Orang yang memiliki tujuan yang sama akan dipertemukan dalam perjalanan.

Pilihlah jalan hidup yang sesuai dengan ketentuan Alloh. Akan ada hambatan, ujian, dan rintangan. Namun orang-orang yang beriman akan terus berpegang teguh dgn ajaran Islam. Tidak akan goyah dengan prinsip hidupnya.

Semoga Alloh selalu jadi yang pertama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar