Rabu, Desember 23, 2015

Berterima Kasih

Berterima kasih atas segala apa yang kita terima adalah wajib. Dari Alloh Swt atau dari makhluk-Nya. Karena terimakasih  kita kepada makhluk adalah terimakasih kita kepada Alloh. Meski dalam pandangan kita, sesuatu yang kita terima sangatlah kecil. Namun, tidak ada yang kecil jika kita yakin bahwa semua itu datangnya dari Alloh Swt.

Dalam interaksi kita dengan sesama manusia, kita tidak pernah lepas dari mengonsumsi kebaikan-kebaikan orang lain. Dan kita perlu bersyukur untuk itu. Berterima kasih kepada sesama manusia dan kepada Alloh Swt perlu kita lakukan. Sebab berterima kasih menggambarkan sikap menghargai kebaikan orang lain atas diri kita. Bahkan, pada hakikatnya, ia merupakan wujud rasa syukur kita kepada Alloh. Bukankah Alloh menggerakkan seseorang untuk berbuat baik dan memberikan kebaikan itu kepada kita?

Rosululloh Saw bersabda, "Orang yang tidak bersyukur atas nikmat yang sedikit berarti tidak akan bersyukur atas nikmat yang banyak. Dan, orang yang tidak berterima kasih kepada manusia berarti tidak bersyukur kepada Alloh." (HR. Baihaqi)

Bentuk terima kasih salah satu dzikir yang diajarkan guruku: "Alhamdulillah 'ala kulihal." "Segala puji bagi Alloh, atas segala kejadian."

Maha Suci Alloh yang sempurna ciptaan-Nya, maha baik atas semua tindakan-Nya.

Berterima kasih yang paling dalaam adalah menyelipkan nama mereka dalam doa-doa kita. Seperti itulah Islam mengajarkan kepada kita :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar