Selasa, Desember 29, 2015

Curhat Akhwat

Ini curhatan akhwat, recomended bwt dibaca :)

"Kamu bisa ga ga bahas nikah2 terus?"

Suatu hari temen aku dateng buat nginep di rumah, cerita2 tentang kampusnya, dia bilang, dia tertarik sama kaka tingkatnya, soleh-ganteng-keren-kaya-ngajinya-bagus-dan-jaga-pandangan. Katanya. Terus dia tanya, "Fin, kalo aku nikah sama dia gimana ya" "hm?"
"Insya Allah dia bisa bimbing akusih, duh tiap malem ada yang bangunin solat tahajjud, ada partner buat murojaah, asdfghjklblablablabla" panjang banget ngomongnya.
"Hati2, bahaya mikirin sampe ke situ"
"Yah.. akukan ga ngapa2in fin, kontakan aja ngga, boro boro. Apa bahayanya"
"Imajinasi kamu"
Terus dia cerita lagi, "kalo aku nikah ada yg anter jemput aku, aku lagi dimana aja insya allah di jemput kali ya, tinggal nge line hehehehe"
"Ooh, kamu pengennya suamimu tukang gojek?"
"Ih fin kamu mah"

"Fin si X udah nikah yaa!"
"He eh, kenapa emang?"
"Terus kita kapaaan masa dibalaap"

Pernah juga dia beli baju bagus. Anehnya, itu baju dipake-buat-rapat. "Ngapain si ?" "Ih si kaka xxx nya kan ada di rapat ituuuw"

Da kalo kamu bilang dia jaga pandangan mah gabakal manehna liatin baju kamu-_-

Dia bilang lagi, kalo dia lagi banyak banyaknya tilawah, lagi kenceng2nya shalat sunnah, yaa 'memantaskan diri lah' supaya level dia mendekati si kaka itu. Katanya. Dengan berpegangan dengan firman Allah bahwa laki laki yang baik untuk perempuan yang baik. Dan begitupun sebaliknya.

Ngga, aku cuma rada gmn, abisnya yang cerita2 kaya gitu ga cuma satu orang. Kayanya virus2 pengen nikah lagi meradang apa gmn gangerti ya. Menurut artikel yang pernah ku baca, dan kata kata mama, aku cuma mau ikutan bilang,

Bedakan antara menyegerakan dengan tergesa gesa.

Iya memang menikah itu menggenapkan dien, tapi dien kita yang separuh ini sudah disempurnakan belum? Saya ga bilang sempurna, tapi disempurnakan. Korelasinya dengan usaha.

Ust. Salim A filah contohnya, menikah usia 20 tahun, tapi beliau sejak 15 tahun sudah mempersiapkan. Berarti 5 tahun persiapan, kemudian menikah, itu menyegerakan.
Tapi kalo persiapannya baru 5-6 bulan dengan kesadaran penuh pun, trs tbtb ngotot pengen nikah, itu tergesa gesa. Apalagi, ya Allah aku malah ngeliatnya ga jarang nikah di mata temen2 tidak ubahnya adalah hanya seperti menyalurkan keinginan pacaran, karena temen2 menyebut diri sebagai orang yang 'anti pacaran'.  Nangkep ga maksudnya? Ya meskipun ga semua. Tapi ada aja.
Koreksi kalau aku terlalu sarkas ya

Kata mama, iya emang nikah ada indah indahnya. Ya paling bentar doang. Abis itu baru dimulai peran yang sebenarnya. Kamu harus ngurusin satu rumah, belum lagi kalo kamu pengen kerja, ribet sana sini, harus bangun lebih pagi, kalo ada anak nyiapin mandi anak makan anak baju anak, keperluan suami, trs nyuci ngepel nyetrika. Inget, kamu belum tau nanti suamimu mampu bayar pembantu apa ngga

Apalagi kalau kita memperbaiki diri hanya dengan tujuan jodoh. Udah gitu jodohnya kita yang nentuin lagi pengennya siapa.
Setau aku, memperbaiki diri itu ya kewajiban seorang muslim. Tujuannya ya ridho Allah. Pernah denger kata2 ini kan ? "Ketika zulaikha mengejar cinta yusuf, Allah jauhkan yusuf darinya, namun ketika zulaikha mengejar cinta Allah, Allah datangkan yusuf untuknya."

Kata2 itu teh jangan di like-share-like-share aja atuh. Coba dimaknai urg teh udah sampai belum kesitu. Jangankan sampai deh, niat urg udah luruskan kesitu belum.

Balik lagi ke cerita temen yang di rumah. Karena orang tua saya pergi, akhirnya saya yang tanggung jawab ngurus rumah, di rumah ada saya, temen saya sama adik2 saya. Pas saya beres2 rumah, (yang itu cape banget), temen saya bilang "Ih fin, kamu udah ahli bebenah, udah siap banget nikah ih!!!"
Yang pada saat itu saya malah berpikir "Ya Allah urg ngaberesan nu kieu aja cape apalagi nanti kalau berumah tangga begini setiap hari"
Terus abis itu saya bikin sarapan,
"Kamu lagi ngapain fin"
"Diem, jangan ngomongin nikah dulu aku lagi bikin nasi goreng"
"IIIIH YAAMPUUN FIN beneran deh kamu istriable banget"

.....

Terus ntar suami urg sama anak2 urg gizinya cuman karbohidrat nasi, lemak, sama gizi2an dari bawang cabe sama tomat gitu?

Sampe aku akhirnya bilang "Kamu bisa ga ga bahas nikah2 terus?"

Yang kaya ginimah belum bisa apa apa atuh.
Memang kalau ditanya siap atau tidak, pasti tidak akan pernah ada jawaban siap, tapi itu bisa diiringi dengan belajar.

Iya bener. Belajar. Kan ga harus jago masak dulu baru nikah, kan ga harus ahli bersih2 dulu baru nikah, kan ini kan itu. Ya sengasihnya aja Allah kapan, kan kita gatau fin.

Aku juga pernah ngasih alesan itu ke mama. Iya, itu alesan.
"Alesan kaya gitu yang bikin perempuan males belajar masak, males bebenah, males nyuci, itu alesan."
Terus lagi katanya, "emang betul. Semuanya bisa dilalui dengan proses belajar, tapi inget, tidak semua laki laki memiliki kesabaran yang panjang untuk menunggui kamu belajar. Tidak semua suami mau tiap hari disogokin masakan masakan kamu yang masih gagal selama beberapa bulan sampe kamu bisa, sedangkan suamimu bisa saja bukan orang berpunya yang tiap hari bisa beli makanan enak diluar"

Sabar temen2, sabar.
Kelarin aja dulu tanggung jawab kita. Yang masih belajar, selesaikan dulu pendidikannya, itu tanggung jawab kita, nanti kan ketauan, kita nih udah bisa bertanggung jawab belum sama yang Allah kasih duluan. Kalo jodohnya sudah datang ya silakan, tapi jangan sampai kita melepaskan tanggung jawab yang belum selesai. Kecuali ya kalo suaminya ga ngizinin. Apasih, ya pokoknya itulah.

Yang paling penting, jangan 'ngabita' liat temen2 yang udah pada duluan. Allah tau, batasan 'tepat waktu' bagi setiap orang.

Sabar temen2

I love you❤
Maaf ya
Haha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar