Senin, Desember 31, 2012

Generasi Cinta Al-Quran :)


Melalui tulisan ini, saya akan menjelaskan esensi kajian FISI yang Insya Alloh akan diadakan hari Sabtu, tanggal 5 Januari 2013.


Izinkan terlebih dahulu kita simak firman Alloh dalam Al-Quran surat Al-Mumtahanah ayat ke-6, bacalah dengan hatimu, “Sesungguhnya pada mereka itu (Ibrahim dan keluarganya) ada teladan yang baik bagimu; (yaitu) bagi orang-orang yang mengharap (pahala) Allah dan (keselamatan pada) Hari Kemudian. Dan barangsiapa yang berpaling, maka sesungguhnya Allah Dia-lah yang Maha kaya lagi Maha Terpuji.

Kajian kali ini bukan kajian biasa seperti khotbah jumat, atau ceramah hari raya. Kajian kali ini akan lebih interaktif, karena akan menampilkan slide dan beberapa video. Fokus kajiannya adalah bedah buku yang akan dibahas secara detail langsung oleh penulisnya langsung Ustadz Dedhi Suharto, buku inspiratif ini berjudul “Keluarga Qurani”

Karena pendidakan bermula dari keluarga. Keluarga yang membentuknya menjadi pribadi yang dekat dengan Alloh, keluarga yang mengajarkan tentang arti kehidupan. Dan untuk membentuk keluarga yang sesuai dengan ajaran Alloh dan Rosul-Nya maka diperlukan ilmu. Ilmu yang akan membimbing kita untuk menjadi pribadi yang sholeh, pribadi yang memberikan manfaat pada semua orang, dan menjadi pribadi yang sesuai dengan ajaran Al-Quran.

Buku ini menjadikan sosok Nabi Ibrahim as sebagai role model, teladan bagi setiap keluarga yang mendambakan surga. Bagaimana Nabi Ibrahim as membangun keluarga yang tidak hanya cerdas secara akal, namun juga cerdas secara spiritual. Sosok Nabi Ibrahim as mengajarkan kepada kita sebuah pengorbanan yang kisahnya selalu kita dengarkan saat khutbah hari raya Idul Adha.

Buku yang bertebal sebanyak 184 halaman ini menjelaskan konsep membangun keluarga yang dicontohkan Nabi Ibrahim as, dan mengaplikasikan dalam keseharian kita. Nilai-nilai keluarga berupa landasan keimanan yang kukuh dan perhatian terhadap keimanan, visi dan misi hidup yang Islami, Ustadz Dedhi paparkan dalam buku ini.

Dan insya Alloh kita akan mengupasnya secara detail melalui kajian FISI ini yang Insya Alloh akan diadakan hari Sabtu tanggal 5 Januari 2013 bertempat di Auditorium Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS). Bagi yang mendambakan keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warohmah yang tentunya sesuai dengan Al-Quran dan As-Sunnah, akan dipaparkan melalui kajian ini.

Insya Alloh kajian ini diperuntukkan untuk seluruh mahasiswa STIS khususnya, dan akan dihadiri oleh beberapa PTK lain, dan beberapa follower dari akun twitter Ustadz Dedhi Suharto.

Insya Alloh akan banyak ilmu yang dapat kita serap dari Ustadz Dedhi Suharto ini. Ustadz yang merupakan alumni STAN dan sempat menjabat Ketua Senat Mahasiswa STAN selama dua periode ini akan membagikan ilmu kepada kita semua pada hari Sabtu mendatang. Dan Insya Alloh akan ada hiburan juga oleh Tim Nasyid Easy Capella, Tim Nasyid dari UI yang telah banyak meraih prestasi akan menghibur kita dalam lantunan musik islami.

Saya akan menerangkan profil dari Ustadz Dedhi Suharto. Nama lengkap beliau Dedhi Suharto, Ak. M.Ak, CIA, CISA, adalah seorang aktivitas pencerdas masyarakat yang berkiprah sejak tahun 1990. Lahir di Pekalongan, 10 Agustus 1970, putra Ibu Sudijah dan (Almarhum) Bapak Kusnadi ini pernah menjadi Ketua Umum Senat Mahasiswa STAn periode 1996-1997, dan terpilih kembali untuk periode 1997-1998. Ia sempat berkiprah sebagai aktivis mahasiswa 1998 di FKSMJ (Forum Komunikasi Senat Mahasiswa se-Jakarta). Pada tanggal 13 Oktober 1998 ia diwawancarai oleh Zsa Zsa Yusharyahya pada acara televise “Buletin Siang” RCTI terkait RUU Unjuk Rasa. Saat ini ia juga berkiprah sebagai salah seorang pengurus DPP IKANAS (Ikatan Alumni STAN) periode 2010-2013.

Selain menyajikan kajian-kajian rohani keislaman pada majelis taklim di Bogor, dia juga pernah memberikan khotbah Idulfitri, Iduladha, dan khotbah Jumat. Pada tahun 2007, ia mendapatkan gelar profesi sertifikasi internasional CISA (Certified Information System Auditor). Setelah lulus studi S2 di MAKSI Universitas Indonesia tahun 2008, ia mendapatkan gelar profesi sertifikasi international CIA (Certified Internal Auditor) pada tahun 2009.

Buku pertamanya, Qur’anic Intelligence Quotient (QQ), Bagaimana Membangun Kecerdasan Menurut Al-Quran yang terbit pada tahun 2003 dan direvisi pada tahun 2006, telah dibedah di Universitas Diponegoro, Semarang; Universitas Andalang, Padang; Masjid Indomobil, Jakarta; Masjid Al-Amin dan Masjid Al-Amanah, Departemen Keuangan Jakarta. Dia juga sempat membedah buku QQ tersebut pada pertemuan Indonesian Muslims Associaton in America (IMAAM) di Washington, D.C pada tahun 2009.

Buku NQ (Negarawan Qur’ani), buku keduanya yang terbit pada tahun 2009 pernah dibedah melalui teleconference antara Bogor dan Maryland, USA. NQ juga pernah dibedah di San Francisco pada Oktober 2010. Setelah menerbitkan buku ketiga Puisi Qur’ani (PQ) Pesona Ramadhan (2010), dia menerbitkan buku Keluarga Qur’ani (KQ) ini. Ustadz dedhi dapat dihubungi dengan nomor telepon seluler 08979560850 atau twitter: @dedhi_suharto

Note: Kami dari panitia akan menyediakan lapak buku-buku karya Ust.Dedhi Suharto, bagi temen2 yang berminat membeli persiapkan aja bajetnya. Setelah acara kajian, akan diadakan rangkaian lomba FISI (Festival Islam Ala Statistisi). Buruan gabung ikutan kegiatan FISI! ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar