Rabu, Mei 30, 2012

Kunci Menikmati Hidup


Sahabatku yang baik, Alloh menciptakan kita di dunia tidak ada tujuan kecuali untuk beribadah kepadaNya, dalam Al-Qur’an surat adz-Dzariyat ayat ke-56, Alloh SWT berfirman, “Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali untuk menyembah kepadaKu.” Maka, jadikanlah selalu aktivitas kita, agar menjadi nilai ibadah kepada Alloh, agar menjadi tabungan buat akhirat kita kelak, agar menjadi kebaikan buat hari akhirat nanti.


Sahabatku yang baik, dalam hidup kita punya rencana, dan Alloh pun punya rencana buat kita. Karena Alloh lah yang menciptakan kita, Alloh yang maha tahu kebutuhan kita. Sadarilah, bahwa takdirnya Alloh tidak akan sia-sia buat kita. Sadarilah, bahwa semua yang Alloh takdirkan untuk kita, itulah yang terbaik buat kita.

Sejenak kita simak cerita seorang sahabiyah yang mempunyai penyakit ayan lalu mengadu kepada Rasululloh SAW. “Ya Rosululloh, aku mempunyai penyakit ayan, tolong engkau berdoa agar aku bisa sembuh dari penyakit ini?” kata sahabiyah tersebut kepada Rosululloh SAW. Lalu Rosululloh pun menjawab, “Baik, jika aku mendoakan maka akan sembuh penyakit itu, namun jikalah engkau sabar dengan penyakit itu maka surga bagimu.” Kemudian sahabiyah itu berkata lagi kepada Rosululloh SAW, “Aku memilih sabar ya Rosululloh, tapi mohon doakan ya Rosululloh ketika penyakitku kambuh, mohon doakan agar auratku tidak terbuka.”

Subhanalloh. Apa hikmah yang bisa diambil dari kisah sahabiyah diatas. Beliau memilih sabar daripada penyakitnya sembuh, karena Rosululloh SAW menjanjikan surga bagi orang-orang yang sabar. Kita simak juga firman Alloh dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat ke-155, bacalah dengan hatimu ^^, “Sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu berupa sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Beritakanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.”

Sahabatku yang baik, kunci menjalani hidup ini adalah syukuri dan jalani. Nikmati saja setiap episode yang Alloh berikan. Jangan banyak mengeluh. Jangan banyak kufur nikmat. Syukuri setiap ketentuan yang Alloh berikan. Dan selalu sabar jika mendapat ujian. Indah hidup ini jika kita ridho dengan takdir yang Alloh berikan. Lebih baik banyak intropeksi diri, daripada kita banyak mengeluh.

Wallohu’alam bisshowab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar