Senin, Februari 27, 2012

Teknologi yang membuat lalai..

Akhir-akhir ini aku berpikir kenapa Alloh belum mengizinkan aku punya laptop, mungkin laptop yang aku gunakan sering membuat lalai.. sering membuat males.. sering membuat lupa terhadap pekerjaan-pekerjaan dakwah.. ya Alloh..


Ada renungan sendiri buatku.. ada beberapa teknologi yang kadang sering membuatku lalai..

Televise (Tivi)

Ya tivi, kadang lebih banyak mudharatnya dibandingkan manfaatnya. Tivi lebih banyak menyiarkan acara yang kurang manfaat. Kadang aku sedih kenapa masyarakat muslim saat ini lebih disibukkan di depan tivi, daripada mengkaji Al-Qur’an. Kadang kita melihat, saat adzan maghrib masih banyak orang utamanya muslim, tidak beranjak untuk bersegara menunaikan sholat, namun masih asyik dengan tontonannya di depan tivi. Ya Alloh, jika generasi muslim seperti ini, mau jadi apa negeri ini ya Alloh…
Aku bertekad dalam hati, saat aku berkeluarga nanti, tidak ada tivi di dalam rumah. Kalau ingin berita, langganan Koran saja setiap bulannya. Agar melatih untuk rajin membaca, agar waktu yang diberikan Alloh ini tidak terbuang sia-sia. Ya tivi kadang membuat kita lalai..

Laptop..

Ini bukan curhat karena aku kehilangan laptop.. bukan.. namun terkadang laptop membuat kita lalai.. kadang laptop kita isi dengan film-film barat yang isinya kadang tidak berbobot dan tidak jarang membuat kita lalai.. kadang laptop kita isi dengan lagu-lagu yang kurang manfaat, sehingga tidak jarang membuat kita lalai.. sekarang sedikit banyak aku bersyukur kepada Alloh.. walau tidak ada laptop, namun di RQ masih ada komputer dakwah yang bisa dipinjem untuk mengerjakan tugas.. namun laptop jika digunakan secara proposional dan kita isi dengan file-file yang bermanfaat akan menjadi manfaat buat kita..

Internet..
Media social (facebook, twitter)

Media social kadang membuat kita lalai, percaya ga? Sekarang jawab, lebih banyak mana waktu untuk tilawah daripada buka fb? Jawab.. kadang kita dilalaikan dengan media social yang satu ini.. kita asyik melihat status-status orang.. kita asyik chatting dengan orang.. sehingga lupa dengan waktu kita.. bukankah pekerjaan kita lebih banyak daripada waktu yang tersedia? Maka jika media social tidak digunakan secara tepat maka akibatnya akan menyebabkan kita lalai..

Kesimpulan dari tulisan ini yaitu, mari kita proposionalkan segala sesuatu. Jangan berlebihan sehingga kita lupa dengan pekerjaan-pekerjaan kita.. ayo kita manfaatkan teknologi untuk menambah ilmu dan meningkatkan kecintaan kita kepada Alloh.. bismillah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar