Kamis, Februari 23, 2012

Hikmah

“Jika Alloh mencintai suatu kaum.. maka Alloh akan mengujinya..”

Diary,Jum’at  17 Februari 2012

Ba’da subuh.. aku seperti biasa.. muroja’ah dan tilawah Qur’an sampe jam 9.. alhamdulillah hari ini tidak ada Ujian.. jadi sekarang persiapan Ujian untuk hari senin.. setelah itu aku belajar sebentar.. dan karena ngantuk.. aku sempatkan tidur.. lalu aku bangun jam setengah 12 dan persiapan untuk sholat hari itu tidak ada perasaan apa-apa sampai..

Ketika pulang sholat jum’at..

Alloh kontrakan RQ dapet musibah.. ditinggal sebentar hanya sekitar 20menit,, laptop sebanyak 7 buah dan 7 hp sudah hilang.. masya Alloh.. astaghfirulloh.. ko bisa ya kemalingan.. padahal ada orang yang sedang persiapan pernikahan di depan kontrakan.. ya Alloh astaghfirulloh…

Aku hanya bisa banyak2 istighfar.. lalu temen2 RQ segera menghubungi pak RT.. namun hanya sekedar melapor tapi tidak ada tindak lanjutnya.. Alloh.. sangat mudah bagi Alloh jika ingin berkehendak.. sangat mudah bagi Alloh jika ingin menghilangkan hartanya.. ya Alloh..

Hari itu langsung saja aku urus yang dapat kuurus.. untungnya dompetku selamat.. masya Alloh.. masih teringat jelas kejadiaan saat itu aku di bogor.. saat menjadi panitia Mpkmb.. kontrakanku disana kemalingan juga saat bulan ramadhan.. ya Alloh.. ampuni jika kami kurang infaq.. astaghfirulloh..

Aku beranikan diri untuk ke ambassador untuk mengurus nomor hpku agar dapat aktif kembali.. setelah diurus, aku langsung menelepon orang rumah.. masya Alloh.. aku merasa bersalah sekali. Kenapa barang yang dititipkan denganku tidak bisa aku jaga.. astaghfirulloh.. anak macam apa aku ini.. astaghfirulloh.. aku berazzam dalam hati aku tidak akan menjadi orang yang menyusahkan orang lain lagi.. tidak akan lagi menjadi beban bagi orangtua.. ya Alloh jadikan disisa umur kami bisa menjadi jalan kebahagiaan kemuliaan bagi kedua orangtua kami Ya Alloh..

Besoknya tukang kunci yang ingin memperbaiki Rumah datang.. setelah dicek keadaan  rumah.. ternyata malingnya tidak masuk lewat depan rumah.. namun masuk lewat atas bagian jemuran.. kami tidak menyangka,, ko bisa ya.. karena di depan kontrakan sedang ada tenda buat pernikahan.. jadi kami tidak dapat melihat kondisi bagian atas.. dan benar, ketika dilihat genteng2 yang ada di atas jemuran yang tadinya tersusun rapih sekarang jatuh berantakan.. masya Alloh…. Astaghfirulloh.

Kalau malingnya lewat atas.. bagaimana bisa? Dan kemungkinan tetangga terdekat.. masya Alloh astaghfirulloh.. ko bisa2nya ya tetangga menzolimi tetangganya sendiri.. astaghfirulloh.. kami datang baik2 hanya untuk menempuh kuliah di Jakarta.. tidak ada berkeinginan untuk berbuat yang jahat disini.. tapi ternyata kami dizolimi.. astaghfirulloh.. teringat sebuah taujih tentang doa, salah satu doa yang paling mustajab adalah doa orang yang terzolimi.. aku langsung banyak2 berdoa.. mudah2an Alloh memudahkan segala urusanku dan dapat menggapai cita2ku selama kuliah disini.. Hafidz Qur’an 30juz, membangun Bisnis, menjadi da’I di kampus, dan kalau Alloh mengizinkan aku ingin sekolah lagi di Bogor dan bisa menjadi pengajar di kampusku.. Alloh mudah2an tergapai mimpiku.. aamiin ya Robb..

Hari itu hari sabtu tanggal 18 februari 2012.. adikku yang paling kecil, adek dini.. sedang ulang tahun.. kangen rasanya.. ingin sekali bertemu.. ingin sekali membelikan eskrim untuknya.. namun apa daya.. aku ingin fokus untuk ujian 2minggu ini.. aku ingin bisa mempersembahkan yang terbaik.. aku hanya bisa menelepon, mudah2an bisa mengobati rasa rindu ini walau hanya lewat telepon.. “Aak kapan pulang?” “Insya Alloh kalo aak udah selesai ujian.. aak langsung pulang..” ya Alloh aku berharap mudah2an adek2ku nanti bisa lebih dari kakanya ini.. aku masih ingat ketika di rumah.. ketika adek dini kecapean sehabis main.. dan ia kelupaan tidak sholat ashar.. “aak ko ga bangunin aku sih.. aku kan belum sholat ashar..” masya Alloh.. Alhamdulillah adekku dini walopun umurnya masih kecil.. tapi sholat lima waktunya sudah terjaga.. Alhamdulillah.. jadikan ia menjadi anak yang sholeha, lagi bermanfaat untuk keluarga, agama, dan bangsa ini ya Alloh… aamiin ya Robb..

Hari itu pula di depan kontrakanku.. sedang ada nikahan.. ribut sekali suara2 musiknya.. aku ingin belajar.. namun terganggu dengan suara depan rumah.. lalu ajakan mabit dari murobbi datang.. aku langsung mengiyakan.. ya Mabit kali ini sangat menyentuh.. pas sekali dengan keadaanku.. tema Mabit kali ini tentang Tafakur… bagaimana kita mengambil hikmah (Ibroh) dari setiap kejadian yang Alloh tetapkan..

“Akhi di setiap hidup kita.. kita tidak bisa merencanakan hidup 100%.. karena ada ketentuan Alloh yang kadang kita tak tahu.. dan setiap peristiwa yang kita alami, kita harus mengambil hikmahnya..” ya Alloh mungkin selama ini aku banyak lalai terhadapMu.. kadang laptop membuatku lalai.. sampai porsi tilawahku kadang lebih sedikit dibandingkan membuka laptop.. astaghfirulloh..

Ya Alloh hanya kepadaMu kami menyembah.. hanya kepadaMu kami mohon pertolongan..

Jika Alloh mencintai suatu kaum.. maka Alloh akan mengujinya.. dengan kekurangan harta, kemiskinan, atau dengan hal lain..

“Jika Alloh menolong kamu, tidak ada orang yang dapat mengalahkan kamu. Jika Alloh membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), siapakah gerangan yang dapat menolong kamu (selain) Alloh sesudah itu? Oleh karena itu, hendaklah Alloh saja orang-orang mukmin tawakkal.” (QS. Al-Imron: 160)

“Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan kematian. Sesungguhnya kalian akan mendapat balasan pada Hari Kiamat. Siapa saja yang dijauhkan dari api neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh ia termasuk orang yang beruntung. Tidaklah kehidupan dunia itu kecuali kenikmatan yang memperdaya.” (QS. Al-Imron: 185)

“Hai orang-orang mukmin! Jika kamu menolong (agama) Alloh, niscaya dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.” (QS. Muhammad: 7)

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan, ‘Kami telah beriman,’ sedangkan mereka belum lagi diuji? Sesungguhnya kami telah menguji orang-orang sebelum mereka. Sesungguhnya Alloh mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.” (QS. Al-Ankabut: 2-3)

Diary, 22 Februari 2012

Alhamdulillah program RQ telah berjalan 3bulan.. masih banyak yang harus dibenahi.. namun keistiqomahan untuk dekat dengan Al-Qur’an harus tetap dijaga.. Alhamdulillah sekarang sudah memasuki hafalan di juz 29.. beberapa surat sudah hafal.. dan liburan semester ini.. mudah2an bisa dijadikan madrasah untuk terus menambah hafalan dan menambah Ilmu..

Ya Alloh.. jadikan kami menjadi hambaMu yang selalu bersyukur atas segala nikmat.. dan menjadi hambaMu yang selalu bersabar atas segala ujian.. semangat! ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar