Rabu, Oktober 10, 2012

Statistik itu Menyenangkan (1)



There is no variance without statistic.


Perkataan diatas adalah perkataan seorang pelopor statistic di Indonesia yang menjadi guru besar di Institut Pesantren Bogor (IPB ^^) dan namanya diabadikan menjadi nama gedung rektorat, Profesor Andi Hakim Nasution.

Beliau sudah banyak memberikan kontribusinya bagi ilmu pengetahuan khususnya di bidang statistik dan ilmu pertanian. Dari perkataan beliau, menyampaikan pesan tidak bisa melihat suatu perbedaan kecuali dengan statistik.

Maka ilmu statistik adalah alat bantu untuk segala ilmu pengetahuan. Melihat angka kemiskinan di Indonesia menggunakan data statistik. Melihat perkembangan ekonomi menggunakan data statistik. Melihat perkembangan pertumbuhan padi menggunakan data statistik. Melihat perkembangan pasien di Rumah sakit menggunakan data statistik. Bahkan melihat kecepatan modem yang kita gunakan untuk internet pun menggunakan statistik.

Statistik digunakan pada semua cabang ilmu. Matematika, kesehatan, pertanian, ekonomi, sosial, dan juga sains. Karena dari data statistik kita dapat menarik kesimpulan suatu data. Apakah perkembangannya naik, stagnant, atau menurun.

Insya Alloh bersambung ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar