Selasa, Oktober 16, 2012

Cantik Sepanjang Usia


Ada kisah menarik dalam salah satu episode Oprah Winfrey’s Show. Dalam acara itu Oprah, mewawancarai seseorang yang selalu tidak merasa nyaman dengan dirinya. Ada wanita yang sudah operasi plastik belasan kali, padahal sejak awal tidak ada masalah dengan dirinya, tapi tetap merasa jelek. Ada juga seorang pria yang selalu berada di kamar mandi sampai berjam-jam meratapi wajah yang dianggapnya tidak ganteng. Padahal Oprah meyakinkan pria tersebut bahwa ia tampan. Tapi pria itu tetap merasa buruk rupa. Setelah ditampilkan wajah si cowok mirip dengan Brandon Routh bintang Superman terbaru yang ganteng banget. Kok bisa ya enggak pede sampai tingkat akut seperti itu?

Kembali lagi, ganteng dan cantik bisa jadi hanya masalah persepsi atas diri sendiri. Jika kita tidak nyaman pada diri sendiri, bagaimana mungkin orang nyaman terhadap diri kita?

Sering kali kita tidak pede karena komentar yang keluar dari orang lain, misalnya:
“Item banget sih sekarang?”
“Kok gemukan sih? Lagi hamil ya?”

Hati-hati dalam berucap, jangan sampai komentar kita membuat orang lain merasa tidak nyaman dan kemudian tidak mensyukuri pemberian Alloh.

Koreksi penampilan tentu saja perlu, sepanjang bisa dilakukan dengan alami, tanpa harus permak sana-sini dengan operasi plastik, apalagi harus ke dukun untuk pasang susuk, na’udzubillah mindzalik.

Sahabatku, teringat pesan Rosululloh Saw kepada umatnya, bahwa Alloh Swt tidak melihat dari rupa kita, tapi melihat dari amal sholehnya. Bukankah wajah yang Alloh berikan ini suatu saat nanti akan keriput seiring menambahnya usia? Cantik dari lahir suatu saat nanti akan hilang, namun kalau akhlak semakin bagus insya Alloh akan terjaga cantiknya. Akhlak yang baik, lisan yang terjaga dari ucapan sia-sia dan menyakiti orang lain, hati yang selalu berbaik sangka kepada Alloh, dan senyum yang tulus kepada orang lain, Insya Alloh akan lebih baik.

Percayalah Alloh Swt tidak akan menyia-nyiakan perbuatan sekecil apapun, karena itu perbanyaklah berbuat kebaikan, dan perbagus akhlak mulai dari diri kita sendiri dan mulai saat ini. ^^

Wallohu’alam bisshawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar