Senin, Mei 23, 2016

Tujuan Hidup

Jika kita benar-benar paham dan mengerti apa hakikat dari tujuan hidup Allah menciptakan kita, maka akan terbimbing hidup kita.

Seseorang yang tidak mempunyai tujuan, akan terombang ambing hidupnya. Ga akan jelas pergi kemana. Besar kemungkinan ia akan membuang-buang waktu, dan melakukan hal yang sia-sia.

Apakah kita mau hidup kita hanya terus berjalan, tanpa ada tujuan? Apakah kita hanya mengikuti kebanyakan orang, tanpa memiliki prinsip dalam hidup ini?

Seseorang dengan visi, misi, dan tujuan hidup yang jelas akan terbimbing hidupnya, akan terarah jalannya. Ga akan ada kegalauan dalam menghadapi ujian. Karena baginya, masalah adalah proses pendewasaan. Proses menuju ke arah yang lebih baik. Dengan masalah kita akan terus tumbuh ke level yang lebih tinggi.

Orang yang memiliki tujuan, ga akan males-malesan. Kenapa? Karena ia menyadari betapa pentingnya waktu yang Allah berikan. Ia menyadari bahwa semua perbuatan akan dipertanggung jawabkan, maka ia tidak akan melakukan hal yang sia-sia.

Tujuan hidup akan membuat hidup kita lebih ‘hidup’. Hidup kita akan selalu dipenuhi dengan semangat. Semangat ke arah yang lebih baik.

Tujuan hidup akan membuat hari-hari kita lebih berwarna. Karena ia sadar, karunia apapun yang Allah berikan pasti ada hikmahnya. Pasti ada pelajaran hidup yang bisa didapat.

Apa tujuan hidup bagi seorang muslim? Allahu Ghoyatuna. Allah tujuan hidup kami.

Jika didalam hidupnya hanya Allah yang dituju. Maka ia tidak akan berharap kepada makhluk. Ia akan tulus melakukan kebaikan. Ia akan selalu berusaha untuk memenuhi hak Allah. Ia akan selalu meminta kepada Allah. Ia akan berjuang di jalan Allah.

Tidak akan merasa gundah karena permohonannya belum dikabulkan? Karena hatinya selalu yakin bahwa Allah akan mengabulkan permohonan hambanya. Allah akan menolong orang-orang yang menolong agama-Nya.

Hatinya bersih karena dihatinya hanya dipenuhi Allah. Ia akan melakukan kebaikan dengan tulus. Kebaikan yang lahir dari hati akan lebih indah.

Mudah-mudahan kita bisa serius memahami tujuan hidup kita dan bisa mengamalkan dalam hidup keseharian. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar