Kamis, Desember 05, 2013

Makna Kesuksesan :)




Semoga Alloh Yang Mahatahu segalanya mengaruniakan kepada kita kehati-hatian atas kesuksesan, karena orang yang diuji dengan kegagalan ternyata lebih mudah berhasil dibandingkan mereka yang diuji dengan kesuksesan. Banyak orang yang tahan menghadapi kesulitan, tetapi sedikit orang yang tahan ketika menghadapi kemudahan dan kelapangan.


Ada orang yang bersabar ketika tidak mempunyai harta, tapi banyak orang yang hilang kesabaran ketika hartanya bertambah. Ternyata, harta, jabatan, gelar yang seringkali dijadikan sebagai alat ukur kesuksesan, dalam praktiknya malah sering membuat orang tergelincir dalam kelalaian dunia.

Sahabatku yang baik, setiap kita pasti memiliki cita-cita dimasa depannya. Cita-cita itu terkadang begitu tergambar dalam pikirannya, namun ternyata, tidak sedikit dari kita bingung dalam memaknai kesuksesan.

Secara sederhana, sukses bisa dikatakan sebagai sebuah keberhasilan akan tercapainya sesuatu yang telah ditargetkan. Semua orang menginginkan hidupnya sukses, namun tidak semua orang tahu bagaimana cara mendapatkan kesuksesan itu.

Dalam paradigma Islam, kesuksesan memang tidak hanya dilihat dari aspek duniawi, namun juga ukhrawi. Dalam setiap doa yang kita panjatkan, “Ya Alloh karuniakan kepada kami kebaikan di dunia dan akhirat, dan jauhkan kami dari siksa api neraka.” Bagi seorang muslim, kesuksesan yang ingin diperolehnya adalah kehidupan di dunia dan akhirat. Dan sukses yang hakiki adalah saat kita berjumpa dengan Alloh di akhirat nanti. Apalah artinya di dunia dipuji, dihormati, memiliki banyak harta, namun ternyata semua itu tidak ada harganya di sisi Alloh.

Dalam Al-Quran Surat Al-Hujurat ayat ke-13, Alloh berfirman “Sesungguhnya orang yang paling mulia di antaramu di sisi Alloh adalah orang yang paling bertakwa.  Jadi, yang paling mulia bukanlah orang yang paling banyak gelarnya atau orang yang paling kaya. Orang mulia dan sukses adalah orang yang berhasil mengenal Alloh, lalu dia taat kepada-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya. Orang yang sukses sejati adalah dia yang terus meningkatkan kemampuan untuk mempersembahkan yang terbaik dalam hidup ini.

Siapa pun bisa menjadi orang mulia dan sukses, tidak peduli apakah ia seorang pimpinan, bawahan, tukang ojek, sopir, tukang sayur, dll. Selama orang itu bekerja dengan baik dan benar, taat beribadah, dan akhlaknya mulia.

Lantas, apakah ciri-ciri orang sukses itu? Setiap orang punya paradigma yang berbeda, tapi menurut saya ada empat ciri orang yang sukses itu. Pertama, orang yang berhasil mengenal Alloh sebagai Tuhannya dan bersungguh-sungguh untuk taat dan patuh menjalankan apa yang diperintahkan dan menjauhi larangannya, serta mengabdi dengan tulus dan istiqomah. Kedua, orang yang berhasil menemukan kekurangannya dan bersungguh-sungguh untuk memperbaikinya. Ketiga, orang yang berhasil menemukan potensinya sehingga hidupnya kian hari kian manfaat bagi sesama. Keempat, orang yang berhasil di akhir hayatnya husnul khotimah, wafat penuh kemuliaan di jalan yang diridhoi Alloh.

Ada juga kiat sukses yang diajarkan Aa Gym, yaitu 7B. (1) Beribadah dengan benar dan istiqomah (2) Berakhlak baik (3) Belajar dan berlatih tiada henti (4) Bekerja keras dengan cerdas dan ikhlas (5) Bersahaja dalam hidup (6) Bantu Sesama (7) Bersihkan hati selalu.

Sahabatku, hidup adalah ujian dan yang sukses adalah orang yang berhasil lulus ujian dengan nilai terbaik dengan standar penilaian dari Alloh yang menciptakan dan menguji kita semua.

Wallahu’alam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar