Rabu, Oktober 16, 2013

Seperti Apapun Kita, Bunda Selalu Berterima Kasih dalam Doanya



“Ya Alloh, berkahilah aku pada anak-anakku, satukan hati-hati mereka, bimbinglah mereka untuk selalu taat kepada-Mu, karuniakan kepadaku bakti mereka, dan karuniakan mereka bakti anak-anak mereka.”

 Bunda yang jasa dan kebaikannya tak terbalas, dengan lautan pengabdian sekalipun, selalu saja tak lupa mengucap terima kasih kepada kita.
Hadiah kerudung, atau mukena, atau gamis yang harganya tak seberapa, bisa diciuminya, diiringi ucapan terima kasihnya yang berulang-ulang. Tidak cukup dengan itu, kadang saat memakainya tidak lupa ia menceritakan kepada orang-orang di sekitarnya, kalau barang itu hadiah dari kita, anaknya. Ibu bahkan akan menjaga pemberian dari kita dan selalu memakainya untuk menunjukkan terima kasihnya pada kita.
Ketika mengucapkan terima kasihnya, ibu tidak berhenti disitu. Terima kasihnya berlanjut dengan doa, bertaut dengan pengharapan, menyatu dengan permintaan, agar senantiasa kita tumbuh dalam lindungan-Nya, dimudahakan segala urusan, sukses dalam kehidupan. Dunia dan akhirat. Terima kasihnya yang beriring doa menjangkau semua sisi itu, mengalir setiap waktu; dalam sholat, dalam munajat, dan momen-momen penting yang kita hadapi, atau usaha dan kerja yang kita lakukan.
Tanpa kita sadari, mungkin di antara doa-doa berikut selalu hadir dalam munajatnya kepada Alloh Swt: “Ya Alloh, berkahilah aku pada anak-anakku, satukan hati-hati mereka, bimbinglah mereka untuk selalu taat kepada-Mu, karuniakan kepadaku bakti mereka, dan karuniakan mereka bakti anak-anak mereka.”
“Ya Alloh, ajari mereka apa yang mereka tidak tahu. Ingatkan mereka apa yang mereka lupa. Karuniakan mereka hikmah dan kecerdasan, dan bukakan untuk mereka keberkahan langit dan bumi, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Menjawab doa.”
“Ya Alloh, anugerahi mereka kesehatan dan kekuatan, qanaah dan ridho, teman yang sholih dan baik, dan jadikan mereka orang-orang yang Engkau cintai dan mencintai-Mu.”
“Ya Alloh, bukakan mereka pintu-pintu rezeki-Mu yang halal dari karunia-Mu yang maha luas, dan puaskan mereka dengan karunia-karunia-Mu yang halal atas yang haram.”
“Ya Alloh, hiasi anak-anakku yang laki-laki dan sempurnakan mereka dengan keindahan dan kesempurnaan seperti yang telah Kau berikan kepada orang-orang pilihan-Mu; kedewasaan, kewibawaan, keberanian, kepemimpinan, kekuatan, kehormatan, kedermawanan, harga diri, kecerdasan, kearifan, kelembutan, kasih sayang dan kemuliaan.”
“Ya Alloh, kepada anak-anak perempuanku hiasi mereka dengan sesuatu yang telah menghiasi pribadi wanita-wanita pilihan-Mu; rasa malu, harga diri, kesucian, amanah, kesabaran, menundukkan pandangan, cinta dan kasih sayang.”
Di antara doa-doa itu, barangkali ada yang selalu diulang-ulang oleh bunda kita, dalam setiap kesempatannya. Nama kita selalu terselip dalam doanya yang tulus kepada Alloh, untuk melihat kita sebagai manusia-manusia yang membanggakan, yang akan menyejukkan hatinya, yang melipur laranya, yang kelak mendoakannya kala telah tiada.
Sahabat, kita tak boleh lupa untuk selalu menyadari itu, betapa kita perlu lebih banyak lagi berbuat dan berdoa untuk bunda. Sebab bunda kita, pasti tak pernah lupa berterima kasih kepada kita, melalui doa-doanya yang kadang tak pernah kita tahu.

Selamat ulang tahun Bunda,
Semoga Bunda selalu diberikan keberkahan di dunia dan akhirat.

Sumber inspirasi: Majalah Tarbawi.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar