Minggu, April 01, 2012

Diary RQ.. jalan-jalan ke husnul part two.. ^^

Diary RQ, Jumat 23 maret 2012.

“Akh ayo bangun.. kita berangkat ke husnul..” aku dibangunkan ka ahyar, ketika menunggu kedatangan ustadz lukman. Kami berangkat Rombongan RQ berangkat dari jakarta, tepatnya jam 1 pagi. Keren ya.. soalnya menunggu kedatangan ustadz lukman, karena beliau sedang ada halaqah pekanan.


Kali ini rombongan RQ lebih banyak dari sebelumnya.. siapa aja yang ikut? Oke kita absen, aku sendiri, wahyu ahmad kautsar, kemudian temen-temen RQ yang lain, ka khoir, ka arya, ka amrin, ka agus, ka ahyar, ka heri, ka bayu, ka aji, dan tri, serta pembimbing RQ, ustadz lukman.. ya 11orang, bismillah!

Sebelum berangkat sempatkan dulu untuk qiyamul lail, bismillahi tawakaltu allalloh.. ya Alloh berikanlah keberkahan dalam keberangkatan kami.. doaku dalam hati..

Setelah sampai di pulogadung, kami tidak langsung berangkat.. karena bus yang kami pakai (luragung) belum juga menampakkan dirinya.. setelah menunggu sekian lama.. akhirnya sekitar jam setengah tiga, kami naik bus.. tapi ternyata bus belum juga berangkat, karena penumpangnya masih sedikit.. kami harus menunggu sekitar 1,5jam.. dan sekitar pukul 5, bus baru berangkat dari pulogadung menuju kuningan, bismillah!!

Perjalanan cukup lama dari yang biasanya, tumben-tumbennya macet.. mungkin karena libur, jadi kemungkinan banyak yang pulang kampung.. kami akhirnya tiba di Pondok Pesantren Husnul sekitar jam setengah 11.. lagi-lagi kami bermalam di ruang tamu.. sepertinya banyak dari orangtua wali yang datang untuk menjenguk putra-putrinya ke pondok husnul..

Setelah menaruh barang di ruang tamu, kemudian aku menuju masjid untuk sholat duha..
“Yang ingin ikut sosialisasi sekolah tinggi ilmu statistik (STIS) silahkan datang ba’da jumat di ruang darul arqam.” Salah satu pamflet yang ada di masjid husnul. Ya, kali ini perjalanan kami berbeda dengan yang kemarin. Kalau pertama kali datang ke husnul hanya untuk silaturahim saja. Namun kali ini kami membawa misionaris.. apa itu.. selanjutnya baca terus tulisan ini.. hehe..

^_^

“Diingatkan kembali kepada para santri yang ingin ikut sosialisai sekolah tinggi ilmu statistik, silahkan datang jam 1siang ini di darul arqam.” Pengumuman dari masjid.
Sementara itu, temen-temen RQ menyiapkan peralatan-peralatan tryout, seperti soal-soal, lembar jawaban, dan peralatan lainnya..
Setelah semua santri dari husnul berkumpul.. akhirnya acara dimulai.. kali ini yang bertugas menjadi MC yaitu ka bayu.. beliau adalah kaka kita yang menjadi orangtua dari RQ.. hehe.. ka bayu adalah STIS angkatan ke-48, yang mendapat penempatan di pusat, dan sekarang tinggal di RQ..
“Assalamualaikum warohmatulloh wabarokatuh..” ucap salam ka bayu, kepada para peserta.
Lalu beliau menyisipkan pantun-pantun di sela-sela perkataannya. Perlu diketahui ka bayu ini jagonya bikin pantun, bahkan saat SMP beliau sempat menjuarai lomba pantun, hehe..
Setelah dibacakan susunan acaranya, pembukaan, kemudian tilawah Qur’an, lalu sambutan dari RQ Stis yang dibawakan ka khoir, sambutan dari pihak husnul oleh Ustadz lukman, sosialisasi Stis, dan agenda terakhir Tryout.

Ustadz Lukman mengatakan saat sambutan, “Akh kalo di husnul mungkin saingannya masih sedikit. Tapi kalo di Stis, saingannya banyak. Maka musti kesungguhan. Allohu Akbar!” lalu ustadz lukman menambahkan lagi.. “Setelah lulus juga di Stis akan ditempatkan di daerah-daerah seluruh Indonesia. Maka diperlukan dai-daiah untuk disebar di seluruh Indonesia.”


Kemudian setelah Ustadz Lukman memberikan sambutan. Saatnya misi kami beraksi.. disini kami adalah misionaris, hhe.. memperkenalkan kampus kami kepada temen-temen husnul.. “Saya selalu mengatakan, Stis itu.. kuliah gratis.. uang saku bombastis.. prestasi fantastis..” kata ka bayu. Sosialiasi kali ini diisi oleh ka heri dan ka agus. Kami berharap mudah-mudahan temen2 husnul bisa masuk dalam keluarga Stis, dan bergabung dalam barisan dakwah di kampus.

Sosialisasi berjalan sekitar 30menit. Acara sempat ditunda terlebih dahulu, karena sudah masuk waktu ashar. Setelah ashar, lalu dilanjutkan ke tryout. Waktunya kami kurangi sekitar setengah dari waktu yang biasa diujikan. Setelah tryout, hasil ujian langsung kami koreksi di tempat. Dan setelah selesai, hasil ujian langsung diumumkan. Bagi yang mendapat peringkat 1-3, mendapatkan souvenir dari kami. Dan tidak lupa kami bagikan juga buku Usm sebagai bahan pelajaran bagi santri husnul. “Kami tunggu ya di Jakarta..” kataku ketika bersalaman satu persatu dengan santri husnul.

^_^

Setelah sholat maghrib, dan menjama’ sholat isya. Kami keluarga RQ punya agenda, main futsal! Huhu.. kami sudah mentag lapangan futsal, yang jaraknya lumayan jauh dari pondok husnul. Awalnya kami berjalan dari pondok menuju perempatan di depan husnul, setelah itu tiba2 datang ustadz lukman dengan mobil pick up hitam “Ayo akh naik..” ajak Ustadz lukman. Kami akhirnya naik ke pick up. Ternyata seru banget ya, naik pick up, tapi kasihan yang ga pake jaket karena udaranya lumayan dingin. Setelah sampai, kami sempat berfoto dulu di depan gerbang lapangan futsal. Setelah itu kami main. Lapangannya udah agak rusak, banyak rumputnya yang sudah rusak. It’s okey, bukan halangan untuk main.

Setelah satu jam main, aku mendapat cedera. Kakiku terkilir, dan terluka. Untungnya setelah sampai di husnul, aku segera ke klinik. Klinik di husnul bukanya 24jam lo, kereeen. “Ustadz tolong ini kakinya terluka..” akh lukman salah satu santri husnul membawaku ke klinik. “Habis ngapain akh?” tanya ustadz sambil melihat kakiku yang luka. “Biasa ustadz habis latihan jihad, hhe” jawabku dengan senyum.

Diary RQ, Sabtu 24 Maret 2012

Aku bangun sekitar jam 4. Masjid di husnul sudah ramai dengan santri. Agenda di husnul bangun harus jam 4, dan setelah itu qiyamul lail di masjid. Setelah sholat subuh, almatsurat, dan tilawah. Lalu kami ber-5, yaitu ka arya, ka amrin, ka agus, ka aca, dan aku sendiri. Ada orang yang baru datang dari jakarta, ka aca. Beliau jumat malam berangkat, dan baru sampai husnul sekitar jam 4pagi. Kami ber-5 akan mengeliling pondok husnul. Seperti biasa aku ajak ke rute yang kemarin aku lewati. Sebelum jalan lebih jauh, disempatkan dulu berfoto di jembatan, hehe. Setelah itu kami menuju ke arah luar pondok, dan melewati bagian belakang pondok husnul.

“Ayo bersiap-siap jam 8 kita akan berangkat lagi..” jarkom dari ka khoir mengingatkan bahwa masih banyak agenda yang musti dilakukan. Aku segera packing barang dan bersiap-siap untuk berangkat. Kali ini kami diantarkan dengan mobil yang kami pakai tadi malam, pick up. Kendaraan yang biasa untuk mengangkut barang, diganti menjadi mengangkut penumpang.

Kalau mobil yang tempo lalu kami naiki, hanya mengantarkan sampai tanjakan saat gunung ceremai. Kali ini mobilnya mengantarkan kami sampai ke atas. Jadi tidak capek lagi jalan menanjak, hehe. Seperti biasa, ada momen-momen yang penting, kami berfoto dahulu.

^_^

Saat jalan menuju pemandian air hangat di lembah ceremai, ada kejadian yang sangat lucu. Ketika menunggu rombongan yang sudah jauh ketinggalan, ka amrin main-main di kali. Dan tak sengaja, sendalnya lepas satu. Karena aliran airnya sangat kencang, akhirnya sendal ka amrin hilang. Kasihan.. naik gunung cuma pake sendal sebelah..

Sesudah sampai di pemandian air hangat, langsung kami menaruh barang dan menuju kolam. Awalnya seperti biasa pemanasan dulu, menyesuaikan suhu tubuh. Dan lama kelamaan udah terbiasa. Setelah dari kolam, kami menuju air terjun. air terjun yang dekat kolam masih asri. Namun kami tidak boleh berlama-lama disitu, karena ditakutkan terjadi longsor. Gunung ceremai akhir-akhir ini sudah terjadi beberapa kali longsor, sehingga ketika kami berjalan menuju kolam air hangat ini, banyak pohon-pohon tumbang, dan beberapa air terjun sudah tidak asri lagi.

Setelah berpuas dari gunung ceremai. Kami langsung menuju kolam air dingin, namanya kolam renang cibulan. Tempat kami kemarin renang. Disini yang belum bisa belajar renang, mencoba perlahan-lahan untuk belajar. Bahkan ada yang menyewa ban untuk belajar, hhe. Setelah puas, lalu kami mencoba terapi ikan. Ikan kali ini tidak banyak mengigiti kaki kami seperti kemarin, mungkin karena ikannya udah kenyang kali ya, hehe.

Setelah dari cibulan, akhirnya kami pulang. Dan saat di ruang tamu, kami langsung packing, karena malam ini, kami langsung pulang menuju jakarta. Banyak hikmah yang bisa di dapat disini. Lingkungan yang islami, orang-orang yang ramah. Dan kami berharap mudah-mudahan tahun ini santri husnul ada yang meneruskan di kampus kami. Kampus STIS (Sekolah Tahfidz Ikhwan Sholeh). Hehe. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar