Rabu, April 11, 2012

Sibukkan diri dengan kebaikan :)

Imam Hasan Al-Banna berpesan: “Kewajiban lebih banyak daripada waktu yang tersedia.”
Sungguh begitu banyak amanah dan tugas yang kita emban, namun waktu yang tersedia sungguh terbatas..


Dari sini kita belajar, menghargai waktu. Tidak ada lagi malas-malasan. Tidak ada lagi waktu yang terbuang sia-sia. Bahkan pepatah arab mengatakan, “Waktu ibaratkan pedang” jika tidak memanfaatkannya dengan baik, maka siap-siap ia yang akan menebasmu.

Setiap kita punya waktu yang sama 24jam. Si kaya dan si miskin, si pintar dan si bodoh, semuanya memiliki waktu yang sama 24jam. Namun hasil yang dicapai berbeda bukan? Ada yang dimanfaatkan untuk terus menuntut ilmu, ada yang dimanfaatkan untuk berdagang, bahkan ada yang dimanfaatkan untuk tidur?

Dalam buku yang pernah kubaca, ditulis oleh pemilik website ilmukomputer.com, pak Romy, ia membagi trik untuk manajemen waktu, “ada tiga trik dalam manajemen waktu” kata beliau. “yaitu 1. Kurangi tidur, 2. Kurangi tidur, 3. Kurangi tidur.”

Trik beliau sangat ampuh sekali menurutku. Buktinya, pak Romy disela-sela kesibukan beliau mengajar, mengurus bisnis, menjadi kepala keluarga, ia masih menyempatkan mendengar keluhan mahasiswanya di blognya.

Bahkan, ratusan tahun yang lalu, kita sudah diajarkan oleh Rasululloh Saw dalam mengatur waktu. Menurut Beliau Saw, muslim itu ibaratkan singa di siang hari, dan saat malam hari, ia selalu menjaga waktunya dengan sholat malam. Subhanalloh!

Dalam haditsnya juga Rasululloh Saw berpesan pada kita, “Amalan yang paling baik yaitu amalan yang terus menerus dikerjakan meskipun sedikit.” Subhanalloh!

Mulai sekarang, biasakan terus berbuat baik. Biasakan dari hal yang kecil. Memulai sesuatu dengan mengucap basmalah. Lalu mengakhirinya dengan mengucap hamdalah. Bukankah ini suatu kebaikan? Memberikan senyuman yang tulus pada saudara kita, bukankah ini kebaikan? Memberikan sedekah kepada yang berhak, bukankah ini kebaikan? Memberikan selamat kepada teman yang mendapat kabar gembira, bukankah ini kebaikan? Sholat di awal waktu, bagi yang muslim sholat berjamaah di masjid, bukankah ini kebaikan? Tilawah Al-Qur’an minimal 1juz perhari, bukankah ini kebaikan? Bangun pada 1/3 malam untuk sholat malam, bukankah ini kebaikan? Menolong teman yang sedang kesulitan uang, bukankah ini kebaikan?

Banyak sekali kebaikan di sekeliling kita. Biasakan selalu untuk menolong oranglain. Karena Alloh maha menolong orang-orang yang selalu berbuat baik

Membiasakan diri dalam kebaikan awalnya memang sulit, namun lama kelamaan akan terbiasa. Akan lebih mudah jika kita mencari lingkungan yang mendukung, teman-teman yang sholeh sehingga membuat kita lebih kondusif, karena ada yang selalu mengingatkan. Paksa terus untuk selalu berbuat baik, paksa! Karena sesungguhnya hakikat hidup kita dunia hanya sementara, dan setiap kita pasti akan dimintai pertanggung jawaban atas perbuatan kita. Jadi untuk apa ditunda, ayo segera membiasakan berbuat baik! Bismillah!

Wallohu’alam bisshowab.

1 komentar: