Selasa, April 30, 2013

Bukan Sekedar Identitas :D



Kita sering sekali mengenakan sesuatu untuk menunjukkan identitas diri kita. Entah pakaian, aksesoris, fasilitas untuk menunjukkan siapa diri kita. Yang perlu diwaspadai adalah niat di hati kita. Sering kali kita (khususnya saya) mengenakan sesuatu dengan perasaan bangga, ingin disebut aktivis dakwah, ingin disebut aktivis mahasiswa. Padahal belum bisa ngasih kontribusi apa-apa untuk bangsa ini.


Ga usah jauh-jauh ngomongin negeri ini, kita aja masih sulit untuk menolong temen kita sendiri. Ketika temen kita kemalingan misalnya, terus curhat dengan kita, “akhbro ana habis kemalingan nih..” terus kita bukannya perhatian malah tambah masalah “makanya kurang sedekah bro..” Kita seakan-akan udah ahli sedekah, mengecap orang jadi kurang sedekah. Sedekah aja cuma hari Jumat aja itupun sama dengan biaya masuk wc umum. Ya Alloh..

Jujur, rasanya saya masih banyak kekurangan. Masih suka lalai, masih sering maksiat, mulut suka ga jaga kalo ngomong. Lalu hal seperti ini apakah pantas menjadi aktivis dakwah? Ya Alloh..

Kita belajar dari taujih aagym tentang seni memulai perubahan. Untuk memulai perubahan rumusnya 3M. Kita pasti inget, yaitu: Mulai dari diri sendiri, Mulai dari hal yang kecil, dan Mulai dari saat ini. Inilah seni dalam perubahan, karena jika kita tidak memulai dari diri sendiri bagaimana mau ngajak orang. “Bro sholat sana udah masuk maghrib..” “Lo udah sholat belum?” “Gua titip salam aja ya..” Obrolan seperti niatnya becanda doang. Tapi masya Alloh, ini udah ngeremehin perintah Alloh.

Tulisan ini bukan menjudge siapapun. tulisan ini adalah murni untuk renungan diri sendiri. karena kita sering kali tidak menghargai orang lain. Hanya karena beda panjang celana doang, lalu jadi musuh. Hanya karena beda tempat ngaji, ga mau jadi temen. Ya Alloh..

Kita belajar dari Rosululloh Saw. Beliau adalah orang yang sangat santun, bahkan dengan non islam pun beliau sangat menghargai orang tersebut. Akhlaknya sungguh indah, siapapun yang berjumpa dengannya akan merasakan kenyamanan, kesejukan. Subhanalloh..

Ya Alloh perbaikilah segala urusan kami, perbaiki akhlak kami ya Alloh agar memiliki akhlakul karimah, perbaiki sholat kami ya Alloh agar kami bisa sholat yang khusyu’, dan jadikan hati kami menjadi hati yang selalu ingat kepada-Mu, yang tidak pernah paling selain hanya ingat pada-Mu ya Robb..

Mudah-mudahan Alloh Swt merahmati kita semua, aamiin ya Robb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar