Jumat, Agustus 16, 2013

Hal yang Melalaikan..

Sesuatu yang berlebihan bisa membuat kita lalai.


Makan kebanyakan pasti membuat kita lalai, terbukti ketika ramadhan saat kebanyakan makan, akhirnya sholat isya dan sholat tarawihnya bisa ngantuk atau bahkan tidak sholat.
Nonton yang berlebihan pasti membuat kita lalai, terbukti ketika lagi asyik nonton film atau tivi suara adzan dari masjid tidak kita hiraukan, kita lebih asyik di depan laptop menonton film atau di depan tivi menonton sinetron.
Tidur yang berlebihan pasti membuat kita lalai, terbukti banget pas adzan subuh, ketika Alloh memanggil kita, kita malah tidur, tidak menghiraukan panggilan Alloh. Ya Alloh..
Begadang yang berlebihan pasti membuat kita lalai, terbukti banget orang-orang yang suka begadang biasanya dia ga bisa manajemen waktu dengan baik, suka telat, ga ontime, ngareet terus kerjaannya.

Beberapa hal diatas sering bangeeet kita alamin. Pas lagi libur semester, biasanya kita bingung mau ngapain. Akhirnya malah asyik nge-game, atau ngabisin film yang belum diselesain. Semua waktu kita sering kita habisin untuk sesuatu yang sia-sia. Bukannya tidak boleh, namun semua itu ada proporsinya.

Seorang Muslim yang Bertauhid kepada Alloh, seharusnya ia memosisikan dirinya sebagai Hamba Alloh yang selalu taat kepada Alloh, baik dalam keadaan sendiri maupun dalam keadaan ramai.
Seorang Muslim yang Bertauhid kepada Alloh, ia bersungguh-sungguh menjaga dirinya dari apa yang dilarang oleh Alloh, tidak melanggar perintah Alloh, dan berusaha sekuat tenaga untuk menerapkan sunnah Rosululloh Muhammad Saw.
Seorang Muslim yang Bertauhid kepada Alloh, ia selalu berperilaku baik, memberikan manfaat kepada sesama.

Jujur, tulisan ini adalah kritikan bagi diri sendiri yang masih sering lalai menyia-nyiakan waktu.
Ingin rasanya hidup seperti di pesantren, yang semua waktunya terfokus untuk beribadah kepada Alloh. Pagi hari setelah subuh kerjaannya ngafal Quran, siangnya belajar tentang fiqih dan aqidah, sore dan malamnya ada pengulangan dan juga pemantapan materi yang didapat. Semua waktunya membawa manfaat dunia akhirat. Mudah-mudahan setelah lulus kuliah nanti bisa membuat pesantren sendiri untuk penghafal Quran.

Ya Alloh izinkan kami memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Aamiin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar