Jumat, Januari 04, 2013

Esensi Ikut Organisasi :)


Aku sebenarnya tidak pantas untuk menulis ini, karena aku masih orang baru dalam hal ini. Masih belum banyak bisa kontribusi, masih sedikit pengalaman, namun hati ingin sekali berbagi pengalaman yang sedikit ini, mudah-mudahan manfaat.


Aku mulai tertarik ikut berorganisasi ketika SMP. Ketika itu aku masuk Rohis. Dan inilah awal mulaku untuk belajar berorganisasi. Dari SD sebenarnya disuruh ikut pramuka, atau paskibra, biar ada kegiatan. Cuma saat itu aku belum sadar bahwa organisasi itu bermanfaat, bisa belajar untuk manajemen diri.

Saat SMP aku masuk dua organisasi Osis dan Rohis. Namun aku lebih comfort di Rohis. Karena ada kakak pembimbingnya. Ia yang selalu minimal 1x per pecan mengisi halaqah di sekolah kami. Kalau lagi ada kegiatan, ia bisa lebih dari 1x ke sekolah kami. Setelah aku lulus, aku baru sadar, ternyata kakak-kakak yang selalu membimbing kami itu tidak ada bayarannya, bahkan mengorbankan sedikit uangnya untuk membagikan makanan buat kami, subhanalloh! Inilah awal mula aku tertarik di jalan ini, jalan dakwah! Jazakalloh khoiron ka azmi yang telah membukakan jalan buatku untuk tertarik di jalan ini.

Masuk SMA aku mantap memilih masuk Rohis. Ibuku pun mendukung kegiatanku. Karena setiap pekan di dekat rumahku, aku selalu mengikuti mentoring yang dibimbing oleh Ustadz. Sesekali mentoringnya di rumahku, sekalian makan-makan di rumah, Alhamdulillah. SMA inilah aku mulai benar-benar belajar berorganisasi. Saat SMP dulu aku hanya menerima amanat, kemudian menjalankan. Di SMA ini, kita lebih aktif. Membuat program sendiri kemudian menjalankan. Satu hal yang sangat penting dalam organisasi itu adalah manajemen waktu. Aku pikir manajemen waktu ini harus selalu tertanam dalam hati dan pikiran kita. Karena setiap kita sudah diberi waktu yang sama oleh Alloh, 24jam sehari. Siapa yang dapat memanfaatkannya dengan diisi kegiatan yang manfaat, maka sungguh beruntung dirinya.

Saat SMA aku mulai berani menjadi ketua panitia, dan juga sempat menjadi ketua Redaksi Majalah. Dan dari sini aku belajar menulis. Kemudian aku join di club kepenulisan di Forum Lingkar Pena. Disini aku bertemu dengan orang-orang yang hebat dalam menulis. Subhanalloh!!

Setelah lulus SMA aku masuk Kampus impianku, aku sebut ini kampus pesantren! Kampus ini adalah kampus madani menurutku. Karena begitu terasa kegiatan keislamannya. Aku mulai aktif di ldk al-hurriyah IPB, kemudian join juga di Kammi IPB. Kammi ini adalah forum buat kita mengembangkan diri untuk menjadi negarawan muslim. Banyak banget diskusi-diskusi tentang politik Negara, atau topik-topik hangat yang terjadi di bangsa ini.

Tapi kemudian, Alloh menakdirkan untuk masuk kampus Statistik karena satu dan lain hal. Namun aku berjanji dalam hati aku akan sekolah S2 di Kampus impianku, Kampus Pesantren Bogor.

Bagiku berorganisasi adalah langkah kita untuk manajemen diri, manajemen waktu, karena bakal banyak pengalaman yang didapat Insya Alloh. Sedikit banyak kita juga akan berkorban, baik waktu, harta, pikiran, namun semua itu pasti akan mendapat balasan pahala dari Alloh.

Izinkan aku menyampaikan firman Alloh dalam Al-Qur’an berikut ini, sebelum menutup tulisan ini, Alloh berfirman dalam Al-Qur’an surat Al-Isro’ ayat ke-7: “Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri,

Mudah-mudahan manfaat, wallohu’alam bissahawab.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar