Rabu, Januari 23, 2013

Catatan Kegiatan FISI 1434 H


“Hai orang-orang yang beriman jika kamu menolong agama Alloh, maka Alloh akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.” (QS. Muhammad: 7)


Alhamdulillah kegiatan FISI tahun ini bisa terlaksana dengan lancar. Beberapa acara ada hambatan, namun bisa teratasi. Ingin sekali membagikan cerita dibalik kisah betapa serunya menjadi panitia FISI tahun ini, cekidot ^^

^_^

Perkenalkan kami panitia FISI (Festival Islam Ala Statistisi) kami siap mewarnai kampus dengan acara Islami. Karena kami ingin membangkitkan ruh keislaman di kampus kami tercinta Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS).

Kira-kira sekitar tiga bulan yang lalu kepanitiaan inti terbentuk. Tepat setelah beberapa hari agenda magradika selesai. Saat itu aku masih bingung mau menjadi kordinator di divisi apa. Namun kemudian dengan beberapa pengalamanku menjadi seksi acara, aku beranikan untuk menjadi kordinator di divisi kajian FISI.

Aku masih ingat rencana awalku untuk mengundang aa gym ke kampus. Aku mulai mencari info tentang aa gym. Ke kajian daarut tauhid di Bank BI. Dan mencari link di Daarut Tauhid di Bandung. Kemudian dengan beberapa pertimbangan, akhirnya kami gagal mengundang beliau. Dikarenakan harus menyerahkan proposal tiga bulan sebelum acara, dan kami baru dapat menyerahkan proposalnya kira-kira satu bulan sebelum kegiatan.

Dengan pertolongan Alloh, aku dipertemukan dengan Ust. Dedhi Suharto. Beliau alumnus STAN, mantan Ketua BEM STAN, penulis, dan pengisi kajian. Akhirnya aku rencanakan untuk mengundang beliau ke kampus. Awalnya hanya lewat twitter, aku mention beliau ternyata membalas. Dan Alhamdulillah bersedia mengisi di kampus untuk membedah buku keempatnya yang berjudul “Keluarga Qurani”

Acara kajian pembuka Alhamdulillah terlaksana dengan baik, apalagi ditambah penampilan tim nasyid “Easy Capella” yang memukau. Alhamdulillah. Setelah acara kajian, masih banyak rangkaian FISI yang lain. Kami mengundang beberapa PTK (Kampus Kedinasan) untuk datang ke kampus memeriahkan acara. Kegiatan FISI selanjutnya yaitu rangkaian lomba. Banyaaak banget lombanya, ada da’I, mtq, lct, menulis cerpen, membuat film, lomba masak juga ada, bagi yang akhwat ada menghias kerudung, dan menghias kue.

Selanjutnya dari divisi sosial ada kegiatan pengobatan gratis. Kegiatannya dilakukan hari ahad tanggal 6 januari 2013. Kegiatan ini difokuskan kepada masyarakat, namun kalo mahasiswa mau untuk memeriksakan kesehatannya, kami juga membolehkan.

Minggu selanjutnya ada kegiatan juga dari divisi wisata rohani. Kegiatannya diluar kampus, kami silaturahim ke pesantren eltahfidh yang berada di Cileungsi, Bogor. Selanjutnya hari ahadnya tepatnya tanggal 13 januari 2013, kami jalan-jalan ke curug cileumber. Alhamdulillah..

Setelah rangkaian selesai, ditutup dengan kegiatan kajian kembali, kali ini kami mengundang dua orang ahli. Yang pertama Ust.Munif (alumni LIPIA) dan Dr.Fritz (alumni FK Trisakti). Alhamdulillah kajian dapat terselenggara dengan baik, dan menarik minat kajiannya.

Ada satu lagi divisi yang paling fundamental, divisi DANUS. Yang paling seru, kami sempat mengadakan danus bareng yang berlokasi di Bundaran HI, Monas dan sekitarnya. Walopun barang dagangan ga habis semuanya, namun kami cukup puas dengan hasilnya. Selain itu dapat menambah keberanian untuk berjualan. Alhamdulillah.

Aku juga ingin mengucapkan terimakasih kepada divisi HPDD yang telah mendekorasi audit, dan menyediakan plakat bagi acara. Dan semua panitia FISI yang telah menyumbangkan tenaga dan pikirannya.

Catatan ini mungkin hanya menggambarkan sedikit gambaran tentang kegiatan FISI. Aku berharap kegiatan FISI tahun depan bisa lebih menarik minat temen-temen, dan bisa lebih seru lagi kegiatannya. Dan kegiatan FISI ini fokus utamanya adalah kembali ke ajaran al-Qur’an. Karena di al-Qur’an begitu banyak pelajaran dan hikmah yang bisa didapat. Terus mengkaji al-Qur’an, jangan pernah berhenti untuk terus belajar.

Pesan Rosululloh Saw dalam haditsnya “Khoirukum manta’alamal Qur’an wa’alamah” Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari al-Qur’an dan mengajarkannya. Mudah-mudahan Alloh selalu memberikan kemudahan dalam setiap urusan kita. Semangaaat, ikhlas berjuang, Allohuakbar! ^_^

Wahyu Ahmad Kautsar, Kordinator Divisi Kajian FISI 1434 H.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar