Minggu, Desember 18, 2011

Perjalanan Tarbiyahku :)


Perjalanan itu dimulai saat aku smp. Aku diajak mengaji oleh tetanggaku, seorang ustazah. Saat aku datang, ternyata bukan aku saja diundang, ada 2orang laki-laki dan 3orang perempuan. Jadi total denganku jumlahnya 6orang.


Ngajinya seperti biasa. Pertama dibuka dengan basmallah, lalu tilawah Qur’an, dan kemudian materi. Materi yang disampaikan seperti syahadat, pentingnya sholat, keutamaan-keutamaan amalan di bulan ramadhan. Subhanalloh. Beliaulah yang mengenalkanku di tarbiyah, namanya ammah puni. Mudah2an Alloh memberikan keberkahan kepada beliau..

Saat itu aku smp, selain aktif ngaji di dekat rumah, aku juga aktif di rohis. Waktu itu aku kelas tiga, dan yang memegang kelompok liqoku namanya kak azmi rahman arif, dan kak fajrun. Alhamdulillah hingga saat aku masuk sma aku masih ikut liqo.

Saat sma, aku kembali aktif di rohis. Dan tentu bertemu dengan temen2 liqo yang baru. Pertama kali aku dan temen2 dipegang oleh alumni, namanya ka epan. Beliau adalah seorang yang sangat bersemangat ketika menyampaikan materi. Dan jago handal dalam berdagang. Kami satu kelompok bisa sampai 13orang, karena terlalu penuh maka dibagi sampai 2 kelompok. Kemudian kelas dua diganti lagi dengan ka deni, sampe kelas tiga dipegang terus dengan ka deni. Melalui ka deni ini, kelompok kami semakin solid. Melalui ka deni, kami banyak sekali mendapat pencerahan. Semangat dakwah, semangat menuntut ilmu, semangat dalam beribadah. Sungguh nikmat tarbiyah ini.

Kini, aku mulai menyadari, betapa pentingnya pertemuan pekanan itu. Mungkin pertemuan itu hanya seminggu sekali. Namun melalui pertemuan itu dapat kembali mengecas ruhiah yang kendor. Bisa kembali bersemangat melakukan perbaikan. Alhamdulillah.

Hingga kuliah, aku masih ikut liqo. Dan aku berharap sampai tua nanti, aku akan istiqomah dengan tarbiyah ini, mudah2an. Dan tentunya setelah kita dibimbing, kita juga harus membimbing. Menjadi murobbi tentunya. Mengajarkan arti pentingnya tarbiyah. Karena inilah penjagaan kita untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan dalam hidup.

Mudah2an Alloh memberikan keistiqomahan kepada kita di jala tarbiyah ini. Insya Alloh.

1 komentar:

  1. Semoga terus konsisten dan Allah mudahkan jalanmu untuk belajar.
    Semangat! kapan-kapan bolehlah mampir ke ipb. :))

    BalasHapus