Senin, Desember 19, 2011

Hikmah Do’a Tidak Dikabulkan


Ada ga permintaan kita yang belum dikabulkan Alloh? Padahal kita setiap hari, setelah sholat selalu meminta kepada Alloh, namun Alloh belum mengabulkan..


Ternyata ada hikmah yang Alloh berikan dibalik do’a yang tidak dikabulkan.. bukankah Alloh maha mendengar hamba-hambanya yang meminta kepadaNya, Alloh berfirman dalam Al-Qur’an surat Al-Mu’min ayat 60, “Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.

Ada tiga hikmah yang disampaikan Ustadz Yayat Hidayat (alumni LIPIA, aktif mengisi ta’lim di ADK STIS) dalam Ma’had kali ini..

Yang pertama yaitu ujian dari Alloh.. Alloh berfirman dalam Al-Qur’an dalam surat Al-Baqarah ayat 214: “Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk syurga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu?” ujian yang diberikan Alloh kepada hambanya, menunjukkan keyakinan seorang muslim.. semakin tinggi kadar keimanannya, maka semakin berat ujiannya.. sikap seorang muslim ketika mendapat ujian, bukan bermalas-malasan dan berkeluh kesah.. namun semakin ikhtiar yang sungguh-sungguh, dan semakin dekat kepada Alloh..

Yang kedua yaitu memahami Alloh yang Maha Khaliq (Maha Pencipta). Alloh yang menciptakan maka Alloh yang Maha Tahu apa yang terbaik buat kita.. Alloh berfirman dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 216: “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” Seorang mu’min yang diberikan ujian, ia mempunyai sifat tidak putus asa. Ia akan terus berikhtiar dengan sungguh2 dan menyerah urusan hanya kepada Alloh (tawakal).

Yang terakhir atau yang ketiga yaitu harus punya ikhtiar yang sungguh2.. usaha yang maksimal.. suksesnya kita yaitu wujud usaha kita dan atas izin Alloh, Alloh berfirman dalam Al-Qur’an surat Ath-Thalaq ayat 2-3: “Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya.

Mudah2an bisa bermanfaat. Usaha yang maksimal dan berdo’a kepada Alloh, mudah2an cita-cita kita bisa tercapai, Insya Alloh ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar