Sabtu, Juni 08, 2013

Catatan Hikmah Jelajah Alam 54



Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.” (QS. Al-Imron: 190-191)


Alhamdulillah, wasyukurilah. Alloh yang Maha Baik memberikan aku kesempatan untuk menjelajahi bumi-Nya Alloh yaitu Kawah Ratu. Sungguh indah, dan betapa hebatnya ciptaan Alloh Sang Pencipta. Tidak ada keraguan di dalamnya, Tiadalah Engkau menciptakan semua ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau Zat yang Menciptakan Segala Sesuatu.

Di kesempatan kedua kali ini aku menjelajahi tempat ini. Setelah tahun kemarin menjadi peserta, dan tahun ini diamanahkan menjadi salah satu pendamping kelompok. Alhamdulillah bangeet dapet kelompok yang alay ga ketolongan. Rame bangeet nih kelompok. Dan satu orang yang bangga bangeet kalo disebut alay yaitu Duwy Nur Habibi.

Di kelompokku ada 16orang, namun yang bisa ikut hanya ada 15orang. Awal ketemuan bareng langsung menentukan ketua kelompok dan beberapa pj. Waktu dari awal kumpul hingga keberangkatan Jelajah Alam (JA) sekitar dua minggu. Lumayan buat persiapan barang-barang dan persembahan.

Awal keberangkatan.

Seperti biasa awal keberangkatan dikumpulkan terlebih dahulu di audit. Pengecekan anggota dan pemeriksaan barang. Setelah makan bareng dan sholat isya, kita kemudian berangkat ke Batu tapak, yang tepatnya berada di Cidahu, Sukabumi.

Setelah sampai di tempat parkiran, waktu menunjukkan sekitar jam 1pagi. Lalu jalan menuju puncak memakan waktu kira2 satu jam sehingga sampai jam 2pagi. Memasuki tenda masing2 dan istirahat.

Jelajah Alam

Cuaca pagi ini hujan. Akhirnya senam pagi dibatalkan, dan langsung bersiap2 untuk pergi jelajah. Seperti biasa pemberangkatan jelajah di awali oleh quiz dan lomba yel2. Namun sayang bangeet, kita akhirnya dapet urutan yang ke-28 dari ke-30. Ya Alloh, waktu udah nunjukin jam 11siang saat di awal start. Aku udah membayangkan pasti malem bangeet nih nyampe, mudah2an ga deh, aku berusaha untuk berpikir positif.

Sepanjang perjalanan kita berusaha untuk mencairkan suasana, dan sesekali kalo capek istirahat dan makan2. Yang bikin lama bukan jalan menuju tiap pos. namun standby di posnya yang lumayan lama. Sehingga harus menunggu lama bangeet. Ada pos yang nunggu hampir 1,5jam. Ya Alloh…

Singkat cerita kita kelompok 11 nyampe di kawah ratu udah jam setengah 5sore. Aku ga bisa bayangin estimasi waktu dari kawah ratu sampe camping ground sekitar 2jam. Akhirnya kita harus berjelajah malam2.

Berangkat dari pos kawah ratu menuju ke camping ground sekitar jam 5sore. Kali ini tidak ada lagi waktu istirahat karena waktunya udah hampir malam, dan kabut juga udah tebel bangeet. Sekitar jam 6sore. Akhirnya kita harus bergelapan. Ya Alloh..

Jalan berbatuan, terus juga banyak lumpur. Terus medan jelajah yang lumayan. Dan penerangan inilah yang sangat penting. Kita membawa empat senter buat penerangan. Namun aku rasa itu kurang, kalo bisa bawa sendiri2. Jalan yang lumayan sulit harus rela bergelap2an. Ya Alloh..

Belum lagi jarak yang lumayan jauh. Dalam hatiku aku harus berpikir bisa, bisa. Sebentar lagi, harus sabar, sabar. Aku membayangkan, kita di dunia, tepatnya di tengah hutan yang gelap, sudah lumayan sulit untuk melewatinya. Apalagi di akhirat ya? Bayangin, kita harus mempertanggung jawabkan sendiri2 apa yang udah kita perbuat. Dalam sholat kita selalu berdoa, “Ihdinas sirotol mustaqim” “Ya Alloh tunjukilah kami jalan yang lurus..” Karena inilah yang akan menjadi pedoman buat kita. Sebenarnya ada jalan2 kebaikan, dan kebenaran, namun terkadang mata hati kita tidak bisa menerima kebenaran di akibatkan nafsu duniawi kita atau sifat sombong yang ada pada hati kita. Kita ga bisa mengambil hikmah dari setiap kejadi yang diberikan Alloh. Maka, kita harus berusaha untuk menempuh jalan kebenaran itu. Seringkali datang cobaan, ujian, cacian, hinaan, namun itu semua adalah proses kita untuk menuju kesuksesan di akhirat nanti. Surga bukanlah tempat orang yang malas beramal, atau kerjanya hanya mengeluh saja. Dalam ayat Al-Quran mengatakan, “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.” (QS. Al-Ankabut: 2-3)

Hidup ini adalah rangkaian ujian demi ujian. Perlu ada kesabaran, kekuatan tekad untuk menempuh ujian ini. Dan kita sangat perlu pertolongan Alloh. Dialah Alloh yang Memelihara diri kita, dalam ayat yang sering kita dengar, sekaligus ayat yang sungguh agung, Alloh berfirman, “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (QS. Al-Baqarah: 255)

Singkat cerita akhirnya kami sampai camping ground jam 19.45. Ya Alloh Alhamdulillah. Sungguh nikmat yang mana lagi kamu dustakan? Aku sudah sangat bersyukur bisa sampai di camp ini setelah melewati perjalanan yang lumayan berat. Alhamdulillah.

Dan kegiatan selanjutnya adalah memasak dan kegiatan api unggun.

Main Games

Kegiatan api unggun selesai jam setengah 2pagi. Ya Alloh. awalnya direncanakan mau tahajud bareng sekaligus renungan, namun karena kondisi yang tidak memungkinkan akhirnya dibatalkan. Kegiatan pagi setelah sholat subuh, memasak bareng dan persiapan games.

Awal keberangkatan games sekita jam 8pagi. Ada 10 permainan yang kita tempuh. Namun melihat kondisi apakah waktunya cukup atau tidak, dikarenakan harus persiapan untuk sholat jumat. Permainan ini mengandalkan otak dan juga fisik. Kereen banget PJ gamesnya. Permainannya kreatip dan nama2 yang dibuat juga cukup keren. Misalkan ada permainan Maluku, yang kepanjangan dari Masuk lubang kurungan. Ada juga koteka, yaitu komunikasi tebak kata.

Permainan dihentikan sekita jam 11siang. Dan peserta cowok yang muslim segera naik dan bersiap2 untuk sholat jumat. Alhamdulillah.

Kegiatan terakhir setelah masak dan makan bareng, yaitu lomba yel2. Kreatip2 banget nih angkatan 54. Out of the box yel2nya. Dan dari kelompok 11 juga ga kalah unik, setelah yel2, ada yang kayang dan break dance.  Two thumbs up!

Penutupan dan packing selesai jam setengah 9malam, dan langsung turun ke bawah. Selesai turun langsung naik tronton. Aku sendiri karena ga dapet tempat duduk, akhirnya harus ditengah dengan gelar matras. Awalnya Cuma sedikit yang tidur di tengah. Akhirnya banyak bangeet. Aku sendiri waktu sekitar 4jam perjalanan ga kerasa, karena tidur mulu sepanjang perjalanan. Alhamdulillah, nikmat yang mana yang kamu dustakan? Ya Alloh jadikan kami menjadi hamba yang bersyukur..

Sampe kampus sekitar jam 2.15pagi. Setelah semua peserta pulang, dan panitia kumpul untuk briefing terakhir. Kegiatan briefing ditutup dengan jargon seperti biasa, jargonnya: “Semangat Menginspirasi, Tebarkan Keceriaan“ Ya, mudah2an jargon ini bisa menjadi penyeamangat panitia.

Alhamdulillah akhirnya kegiatan JA bisa berjalan dengan lancar, namun masih banyak kegiatan yang lain menunggu. “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.” (QS. Al-Insyiroh: 5-8)

Semangaaat, ikhlas berjuang!! Powerwuzz!!

Spesial buat kelompok 11, jargon yuuk: Berani, Mandiri, Siap ga mandi! Ga siap.
Mudah2an tetep kompak dan solid ya angkatan 54 ^^v

2 komentar:

  1. alhamdulillah bisa kembali dengan selamat ya akhi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sumpah keren bauangeet kak,,,

      (Y)

      Hapus