Kamis, Februari 07, 2013

Alloh Sang Maha Penolong

Katakanlah: sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. Tiada sekutu bagiNya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)." (QS. Al-An’am: 162-163)


Dalam ayat ini, Alloh Swt memerintahkan kepada seluruh hamba-Nya melalui perintah kepada Nabi Muhammad Saw untuk meng-Esakan-Nya dan tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Bagaimana caranya? Yaitu dengan cara menjalani kehidupan dan menunaikan ibadah hanya karena mengharapkan ridha-Nya semata, bukan mengharap selain itu. Inilah yang dinamakan dengan ikhlas.

^_^

Masih teringat satu tahun yang lalu saat tragedi RQ tepatnya tanggal 5 Februari 2012. Saat itu aku baru saja menghatami buku yang berjudul “5 Kiat Praktis Mengatasi Persoalan Hidup” dengan izin Alloh, Alloh langsung mengujiku dengan cobaan. 8 Laptop, 8 Hp, dan uang jaket ludes dimaling orang, masya Alloh…

Satu tahun sebelum kejadian ini, aku sempat mengalami hal yang sama, dan aku bertekad tidak akan terjadi lagi, tapi dengan izin Alloh, Alloh menakdirkanku untuk mengalami ujian ini yang kedua kali..

Saat itu benar-benar kondisiku lemah, kenapa? Karena laptop yang kemalingan itu adalah laptop yang baru saja dibelikan oleh kedua orangtuaku. Lemes rasanya, ya Alloh.. ya Alloh….

Aku hanya bisa bersabar, aku yakin ini adalah episode yang Alloh takdirkan kepadaku. Mudah-mudahan kejadian ini bisa menjadikan diriku menjadi hamba yang bersandar hanya kepada Alloh. Kita simak firman Alloh dalam al-Qur’an berikut ini, bacalah dengan hatimu, “Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan ijin Allah; dan barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS. At-Taghabun: 11)

^_^

Saudaraku, mudah-mudahan Alloh mengaruniakan rahmat dan kasih sayangnya kepada kita semua. Apa sih yang dimaksud karunia? Apakah karunia itu harta yang banyak, jabatan yang tinggi, atau wajah yang tampan? Karunia terbesar bagi seorang mukmin adalah keridhoan Alloh dalam setiap aktivitasnya. Kalau kita dikaruniakan harta yang sedikit, namun selalu diberikan kecukupan rezeki oleh Alloh, maka itu adalah salah satu karunia yang harus kita syukuri. Karena begitu banyak orang yang diberikan rezeki banyak oleh Alloh, tapi tidak pernah merasa cukup.

Mudah-mudahan tulisan yang singkat ini mengingatkan kita bahwa hanya Alloh satu-satunya tempat bersandar kita, hanya Alloh satu-satunya yang dapat menolong kita. Hasbunalloh wani’mal wakil ni’mal maula wani’mannashir. Lahaula wala quwata illa billahil aliyul azim. Cukuplah Alloh bagiku, dan Alloh adalah sebaik-baik Pelindung. Dia adalah Sebaik-baik pelindung dan Sebaik-baik penolong. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Alloh yang Maha Tinggi dan Maha Agung.

Wallohu’alam bisshawab.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar