Rabu, April 27, 2016

Cinta itu apa?

Bunda, cinta itu apa? Apakah ia adalah lembut belaianmu, yang selalu engkau daratkan ke kepalaku? Menenangkan, menentramkan. Jika memang itu cinta; baiklah, aku akan membuat keberadaanku sebagai sesuatu yang menenangkan juga menentramkan, buat orang-orang disekitarku.

Bunda, cinta itu apa? Apakah ia adalah sujud panjang yang engkau rangkai dengan doa dan air mata, yang engkau tujukan untuk orang-orang yang engkau sayangi? Jika memang itu cinta; baiklah, aku akan melakukan untukmu, untuk orang-orang yang aku sayangi, saat aku bersujud.

Bunda, cinta itu apa? Apakah ia adalah kebahagiaan yang engkau rasa saat engkau berbagi dengan sesama. Berbagi ilmu, berbagi makanan, berbagi harta, berbagi apa yang engkau punya? Jika memang itu cinta; baiklah, aku akan belajar berbagi dari sekarang. Berbagi kasih sayang, berbagi apa yang aku bisa bagi.

Bunda, cinta itu apa? Apakah ia adalah kegembiraan dan keceriaan yang engkau tampakkan saat engkau mengajar di sekolah, saat engkau memasak di dapur, saat engkau berbicara kepadaku, saat engkau menjalankan peran yang engkau punya? Jika memang itu cinta; baiklah, aku menikmati segala peran yang aku punya. Sesulit apapun aku harus menjalaninya.

Bunda, cinta itu apa? Aku belum tahu cara mencintaimu. Apakah hanya dengan berdoa, dengan menjadi anak yang sholeh, yang berbakti dan bermanfaat seperti yang engkau inginkan? Tapi sungguh; aku bahagia sekali mengetahui; bahwa engkau mencintaiku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar