Minggu, Februari 14, 2016

Ranting Yang Cocok

Ayah yang baik pasti akan mendidik dengan pelajaran-pelajaran yang baik.

Seorang ayah dengan kedua anaknya dibawa ke hutan. Lalu ia menantang suatu permainan untuk kedua anaknya ini.

“Nak, coba kamu masuk ke hutan. Lalu carilah ranting yang kuat dan bagus. Namun ada syaratnya. Syaratnya kamu hanya boleh mengambil satu ranting. Apabila kamu sudah memilih satu ranting, jangan sekali-kali kamu mengambil atau mengganti dengan yang lain.”

“Baik ayah.” Ucap kedua anak tersebut.

Mereka akhirnya masuk ke hutan dan mencari ranting yang paling bagus tersebut. Ranting demi ranting mereka temukan. Sampai akhirnya mereka memutuskan mengambil satu ranting kemudian mereka temui ayahnya.

Setelah dibandingkan ternyata anak keduanya memilih ranting yang lebih bagus daripada anak pertamanya.

“Mengapa kamu memilih ranting itu?” tanya ayah kepada anak pertamanya.

“Karena aku sudah memilih maka aku akan bertanggung jawab dengan pilihanku. Meskipun ranting ini terlihat biasa. Namun aku sudah jatuh hati kepada ranting ini. Maka aku pilih ranting ini, dan menghiraukan ranting yang lain. Meskipun orang bilang ranting ini biasa saja, namun apa perlunya kita dengan omongan orang. Cukuplah aku yang memutuskan pilihan dan bertanggung jawab dengan pilihanku.”

Selamat memilih dan bertanggung jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar